Tenaga Ahli Utama KSP: Penegakan Hukum Terhadap Lukas Enembe Tingkatkan Good Governance di Papua

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Theo Litaay, mengimbau supaya seluruh warga Papua bisa turut serta mengawal kasus tersebut dan

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
Dok istimewa
Tenaga Ahli Utama KSP, Theo Litaay. 

TRIBUNJOGJA.COM - Belakangan ini nama Gubernur Papua, Lukas Enembe menjadi perbincangan hangat publik karena diduga tersangkut kasus korupsi.

Menanggapi hal itu, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Theo Litaay, mengimbau supaya seluruh warga Papua bisa turut serta mengawal kasus tersebut dan mendukung segala proses hukum kepada Lukas Enembe.

Theo menegaskan, bahwa penegakan hukum tersebut, merupakan sebuah bukti dari adanya peningkatan good governance di Bumi Cendrawasih.

Baca juga: ORI DIY Segera Tindak Lanjuti Dugaan Pungli di Sekolah Negeri Minggu Depan

"Ini adalah usaha yang ditujukan untuk meningkatkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa di Papua," katanya, melalui keterangan tertulis, yang diterima Tribun Jogja, Jumat (23/9/2022). 

Sebelumnya, diketahui bahwa terdapat dugaan bahwa Lukas Enembe sempat melakukan transaksi hingga mencapai Rp 560 miliar ke kasino yang berada di luar negeri.

Temuan itu, menurut Theo, merupakan sebuah tindakan yang mencoreng rasa keadilan warga Papua.

"Ini satu yang sangat mengguncang rasa keadilan. Kalau kita melihat situasi Papua yang masih berada dalam jenjang salah satu provinsi termiskin di Indonesia," jelasnya. 

Baca juga: CATAT, Mulai Oktober 2022 Ada 6 Kali Penerbangan Internasional di YIA

Dengan tegas, ia juga berharap, agar KPK bisa benar-benar melakukan penyidikan secara mendalam terhadap kasus ini.

Sebab, sudah ada dua panggilan yang dikeluarkan oleh KPK kepada Lukas Enembe, namun dirinya ternyata sama sekali tidak memenuhi panggilan itu.

Perlu diketahui, kini status yang disandang oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe telah menjadi seorang tersangka sejak 5 September 2022 lalu, lantaran dugaan gratifikasi. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved