Berita Kulon Progo Hari Ini

CATAT, Mulai Oktober 2022 Ada 6 Kali Penerbangan Internasional di YIA

Jumlah penerbangan internasional di Yogyakarta International Airport (YIA), Kabupaten Kulon Progo akan bertambah. Mulai Oktober 2022, akan ada 6 kali

TRIBUNJOGJA/Sri Cahyani Putri Purwaningsih
General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Jumlah penerbangan internasional di Yogyakarta International Airport (YIA), Kabupaten Kulon Progo akan bertambah. Mulai Oktober 2022, akan ada 6 kali penerbangan internasional

General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan saat ini, untuk penerbangan internasional yang sudah berjalan tujuan Kuala Lumpur, Malaysia-YIA dan sebaliknya.

Baca juga: Balai Yasa Yogyakarta Bisa Jadi Calon Destinasi Wisata Baru di DIY

Dengan menggunakan maskapai Air Asia yang beroperasional sebanyak dua kali dalam sepekan yakni Jumat dan Minggu. 

Nantinya, akan ada penambahan 2 kali lagi penerbangan yakni Senin dan Selasa yang dimulai 1 Oktober mendatang. 

Sementara, penerbangan internasional rute Singapura-YIA dan sebaliknya akan beroperasional mulai 15 Oktober. Dengan menggunakan maskapai Scoot Tiger yang melayani penerbangan dua kali dalam sepekan yakni Senin dan Sabtu. 

"Bahkan, pihak manajemen Scoot sudah menjual tiket berkisar Rp 600.000-Rp 1.000.000. Tentu bisa disambut oleh masyarakat ada penerbangan ke Singapura," kata Pandu, Jumat (23/9/2022). 

Baca juga: PT KAI Gelar Open House Balai Yasa Yogyakarta, Masyarakat Bisa Masuk dan Lihat Bengkel Kereta Api

Adapun penerbangan internasional lainnya, PT Angkasa Pura I sudah berkoordinasi dengan manajemen Malaysian Air yang melayani rute Kuala Lumpur, Malaysia dan sebaliknya.

Diperkirakan akan beroperasional mulai Oktober namun saat ini masih tahap perizinan. Serta penerbangan internasional ke Turki menggunakan maskapai Turkish Airlines yang masih dalam proses. 

Pandu menyebut, rata-rata ada 8 penumpang yang menggunakan jasa penerbangan di YIA saat ini. Dengan jumlah 64 penerbangan per harinya. 

"Kami juga sudah menambah jam operasional di YIA hingga pukul 21.00 WIB sejak sebulan yang lalu. Penambahan juga sesuai adanya permintaan maskapai domestik ke Banjarmasin oleh Lion Grup. Nanti juga ada penerbangan dari YIA ke Lombok," ucapnya. (scp) 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved