Berita Jogja Hari Ini

Balai Yasa Yogyakarta Bisa Jadi Calon Destinasi Wisata Baru di DIY

Dinas Pariwisata DIY menyebut Balai Yasa Yogyakarta bisa menjadi calon destinasi wisata baru di Yogyakarta . Menurut Kepala Dinas Pariwisata DIY,

TRIBUNJOGJA/Christi Mahatma Wardhani
Suasana Open House Balai Yasa Yogyakarta, Jumat (23/09/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Pariwisata DIY menyebut Balai Yasa Yogyakarta bisa menjadi calon destinasi wisata baru di Yogyakarta .

Menurut Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, Balai Yasa memiliki narasi dan storytelling yang kuat.

Baca juga: PT KAI Gelar Open House Balai Yasa Yogyakarta, Masyarakat Bisa Masuk dan Lihat Bengkel Kereta Api

"Pariwisata itu kan yang penting menarik. Nah tempat ini (Balai Yasa Yogyakarta) memiliki narasi dan storytelling yang kuat. Sehingga ini merupakan calon destinasi wisata yang nanti bercerita tentang sejarah perkeretaapian di Indonesia, khususnya di Yogyakarta," katanya, Jumat (23/09/2022).

Tidak hanya dari sisi sejarah, cara perawatan kereta juga menarik, sehingga jika dikombinasikan dengan narasi yang menarik, tentu dapat menjadi destinasi wisata yang baru.

"Kemudian bagaimana menyiapkan SDM, butuh edukator atau guide internal yang siap jadi pemandu selama proses tour di Balai Yasa," lanjutnya.

Baca juga: Kepala Disdikpora Bantul Tak Melarang Orang Tua yang Memberikan Sumbangan Secara Sukarela

Terkait sistem reservasi, Singgih menyarankan Balai Yasa Yogyakarta untuk memanfaatkan aplikasi Visiting Jogja.

Selain bisa melayani reservasi, aplikasi tersebut juga terintegrasi dengan PeduliLindungi, sehingga dapat membatasi kunjungan sekaligus memfilter agar tidak terjadi kerumunan.

Pemberdayaan UMKM pun bisa dilakukan, baik memberdayakan UMKM sekitar maupun binaan PT KAI atau Balai Yasa Yogyakarta, salah satunya dengan sistem oleh-oleh.

"Banyak yang bisa dilakukan di sektor pariwisatan dan ekonomi kreatif. Saya pikir, ini sangat ditunggu-tunggu oleh mayrakat, khususnya anak-anak. Diajak maju mundur dengan kereta saja pasti sudah seneng. Kami siap diajak kerjasama," imbuhnya. (maw)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved