Berita Bantul Hari Ini

Program Bangga Kencana Sukses Akselerasi Pelayanan KB dan Penurunan Stunting di Kabupaten Bantul

TNI Angkatan Darat melalui Kodim 0729 Bantul sukses meningkatkan kepesertaan Keluarga Berencana (KB) dan percepatan penurunan stunting bersama

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - TNI Angkatan Darat melalui Kodim 0729 Bantul sukses meningkatkan kepesertaan Keluarga Berencana (KB) dan percepatan penurunan stunting bersama Pemerintah Kabupaten Bantul.

Capaian ini diraih melalui program TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu atau TMKK 2022.

Komandan Kodim 0729 Bantul, Letnan Kolonel Inf Arif Hermad mengungkapkan, tujuan kegiatan TMKK adalah akselerasi pencapaian target pelayanan KB dan penurunan stunting.

Baca juga: Sebanyak 225 Paket Sayur Gratis Dibagikan untuk Masyarakat di Magelang

Program ini dilakukan serentak di kabupaten dan kota sesuai perintah Panglima TNI untuk memberdayakan Babinsa agar menggerakan calon akseptor KB ke tempat pelayanan KB mulai dari 1 Agustus lalu hingga 30 September mendatang.

"Kegiatan TMKK yang dilakukan mulai dari 1 Agustus hingga minggu kedua bulan September 2022 ini sudah mencapai 6.070 (109,78 persen) dari target sebanyak 5.529 akseptor dengan peserta KB aktif mencapai 83.712 (57,43 % ) dari total PUS 145.751," ujarnya, dalam puncak acara TMKK, di Pendopo Parasamya II, Kompleks Pemkab II Manding, Jumat (23/9/2022).

Adapun dalam TMKK ini telah dilakukan beberapa rangkaian kegiatan seperti edukasi kesehatan ibu dan balita sekaligus menggerakan pasangan usia subur (PUS) untuk melakukan KB melalui Komunikasi Informasi Edukasi (KIE).  

Selain itu ada talkshow program Penundaan Usia Perkawinan  (PUP) maupun persiapan pra nikah calon pengantin dalam upaya mensosialisasikan juga program percepatan Penurunan stunting , dengan sasaran generasi berencana (Genre) , remaja usia sekolah,  maupun calon pengantin.

"Ada juga bakti sosial pelayanan KB serentak di 17 kapanewon, di tanggal 21 September 2022  dan khusus di acara puncak TMKK hari ini Jumat 23 September dilakukan di  Klinik Amalia. Jl MGR Sugiyopranoto Bantul, dan di tanggal 29 September 2022 di Klinik Kartika 0729 Bantul," terangnya.

Adapun tercapainya target pelayanan KB dan penurunan angka stunting melebihi dari angka yang diharapkan menjadi momentum akselerasi bagi Pemerintah Kabupaten Bantul.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih pun mengapresiasi kepada seluruh jajaran TNI atas pelaksanaan kegiatan TMMK di Bantul yang turut mendukung pemerintah daerah dalam mensukseskan program keluarga berencana.

Baca juga: KONI DIY Terima Kunker Instansi Pemerintahan Jawa Tengah, Bahas Porgram Pembinaan Olahraga Prestasi

"Pembangunan keluarga berkontribusi bukan hanya untuk membatasi kelahiran, namun untuk meningkatkan kualitas manusia, diantaranya peningkatan gizi ibu dan anak, mutu tenaga kerja, produktivitas SDM, tingkat pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan," ujar Bupati.

Ia berharap program dari TNI AD ini dapat turut mempercepat penurunan stunting. Terlebih adanya anggota Babinsa yang tersebar di seluruh wilayah diharapkan dapat masif melakukan sosialisasi dan komunikasi, informasi serta edukasi kepada masyarakat.

"Karena stunting saat ini salah satu masalah yang harus segera diatasi sebagai upaya kita bersama mewujudkan generasi emas di masa mendatang," pungkasnya. (nto)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved