Satpol PP Klaten Tertibkan PKL di Wilayah Kota Klaten yang Melanggar Aturan

Satpol PP dan Damkar Klaten menyisir PKL yang nekat berjualan di atas trotoar yang ada di Jalan Merbabu, Hutan Kota dan Jalan Pemuda Klaten

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
Dok.istimewa/ Satpol PP dan Damkar Klaten
Personel Satpol PP Klaten saat menertibkan tenda PKL di wilayah Kota Klaten yang berjualan di atas trotoar pada jam yang belum diizinkan, Kamis (22/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Klaten melakukan penertiban bagi pedagang kaki lima (PKL) yang nekat berjualan di jam-jam yang tak diperbolehkan.

Pada penertiban kali ini, jajaran Satpol PP dan Damkar Klaten menyisir PKL yang nekat berjualan di atas trotoar yang ada di Jalan Merbabu, Hutan Kota dan Jalan Pemuda Klaten.

"PKL yang kedapatan jualan dilakukan pembinaan dan penertiban," ujar Subkoordinator Penindakan Satpol PP dan Damkar Klaten, Sulamto, pada TribunJogja.com, Kamis (22/9/2022) sore.

Menurut Sulamto, penertiban PKL yang berjualan di atas trotoar itu dilakukan selama dua jam yakni pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Para PKL yang kedapatan berjualan dilakuka pembinaan dan didata untuk tidak mengulangi kegiatan tersebut.

Diakuinya, PKL di Klaten baru bisa berjualan di atas trotoar mulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB, dengan menggunakan tenda atau lapak yang bisa dibongkar pasang alias tidak permanen.

Kemudian lanjut dia, sejumlah PKL yang lapaknya ditertibkan dan bongkar itu beberapa di antaranya sudah sering mendapat teguran dari Satpol PP agar berjualan sesuai dengan jam yang ditentukan.

Menurut dia, penertiban PKL yang nekat berjualan di wilayah Kota Klaten itu bakal terus digencarkan dan diharapkan para PKL mematuhi aturan yang berlaku.

Apalagi pada pekan depan Klaten akan dijadwalkan mengikuti penilaian adipura. Kabupaten Klaten menargetkan kembali meraih penghargaan Adipura seperti pada 1997 silam.

Pj Sekda Klaten, Jajang Prihono, mengatakan secara umum Kabupaten Klaten sudah siap menghadapi penilaian Adipura.

"Kabupaten Klaten sudah melakukan penilaian internal dan berhasil memperoleh nilai 77.06 dengan kategori baik dan perlu meningkatkan kinerja agar bisa memenangkan penghargaan Adipura," paparnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved