Perang Rusia Ukraina

Presiden Ukraina Bertemu dengan Mantan Presiden Amerika, Ini yang Diminta Zelensky

Volodymyr Zelensky minta kepada mantan Presiden Amerika, Bill Clinton, Amerika bisa membantu negaranya di tengah konflik dengan Rusia

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni
SPENCER PLATT / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP
Mantan Presiden AS Bill Clinton berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melalui tautan video dari Ukraina selama Pertemuan Clinton Global Initiative (CGI) 2022 pada 20 September 2022 di New York City 

Tribunjogja.com - Ukraina meminta kepada Washington agar jadi yang pertama menjanjikan sumber daya pertahanan Ukraina sekaligus mau mencap Rusia pendukung terorisme.

Permintaan itu diungkapkan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kepada mantan Presiden Amerika, Bill Clinton, yang mana seharusnya Amerika bisa membantu negaranya di tengah konflik dengan Rusia.

Bahkan secara khusus, Volodymyr Zelensky mendesak Amerika untuk menandatangani jaminan keamanan Kiev dengan bantuan sebanyak mungkin dari negara asing.

“Untuk seluruh dunia yang beradab, AS adalah mercusuar demokrasi. Ketika Anda memberi kami artileri, negara lain juga memberi kami artileri.

Momen Presiden Ukraina Vladimir Zelensky dan mantan Presiden AS, Bill Clinton berbicara
Momen Presiden Ukraina Vladimir Zelensky dan mantan Presiden AS, Bill Clinton berbicara (Clinton Global Initiative)

“Jadi jika AS menunjuk Rusia sebagai negara sponsor terorisme, negara-negara lain akan mengikuti,” kata pemimpin Ukraina itu dalam pertemuan yang diselenggarakan oleh Clinton Foundation, Selasa (20/9/2022) waktu setempat, dikutip dari RT.

Kiev telah menyerukan permintaan seperti itu kepada Rusia selama berminggu-minggu, sementara Gedung Putih mengatakan itu akan menjadi kontraproduktif dan tidak akan mempengaruhi kebijakan anti-Rusia Washington.

Zelensky mengulangi permintaan itu saat dia berbicara melalui tautan video ke Clinton Global Initiative.

Mantan presiden AS yang menjadi tuan rumah psfs pertemuan itu pun mengajukan beberapa pertanyaan.

Pada kesempatan yang sama, Clinton juga menawarkan bantuan apa pun yang mungkin dibutuhkan negara Zelensky.

“Sebagian besar dari kita terhubung dengan baik, tetapi juga ada banyak sarana non-pemerintah untuk membawa bantuan. Jadi tolong, jangan ragu untuk bertanya, dan ketahuilah bahwa kami memperhatikan Anda," kata Clinton kepada Volodymyr Zelensky

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved