Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Bupati Abdul Halim Berharap Pembangunan Ekonomi di Tirtohargo Harus Tumbuh Inklusif

Sebagai salah satu kawasan pesisir selatan, Kalurahan Tirtohargo, Kapanewon Kretek tengah bersiap menjadi destinasi anyar di Kabupaten Bantul.

Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA.COM/ISTIMEWA
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih melihat langsung view kawasan Kalurahan Tirtohargo dari atas Jembatan Kretek II, Selasa (20/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Sebagai salah satu kawasan pesisir selatan, Kalurahan Tirtohargo, Kapanewon Kretek tengah bersiap menjadi destinasi anyar di Kabupaten Bantul.

Baca juga: Abdul Halim: Mahasiswa Harus Tingkatkan Kreativitas Untuk Bersaing di Dunia Industri

Baca juga: Bupati Halim Tegaskan Pertanian Sektor Unggulan di Kabupaten Bantul

Saat paparan awal rancangan masterplan di Aula Kalurahan Tirtohargo (20/9/2022), Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meninjau langsung bersama Lurah Tirtohargo dan sejumlah akademisi UGM.

Paparan awal dan tinjauan langsung ke lapangan ini dilakukan untuk menggali lebih dalam potensi yang dimiliki Tirtohargo.

“Saya bersama dengan lurah, pamong dan UGM sedang melihat potensi ekonomi yang mungkin bisa dikembangkan di daerah Tirtohargo. Karena, dari sisi view atau pemandangan bagus. Dari sisi transportasi juga bagus," ucap Bupati Abdul Halim Muslih.

Usulan Tirtohargo sebagai destinasi wisata dibuat sebagai satu upaya membangkitkan sektor ekonomi sekitar. Kendati demikian, kajian soal tata ruang perlu dilakukan lagi.

“Harapan untuk menumbuhkan ekonomi harus terwujud, tetapi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dimana masyrakat miskin juga harus ikut terangkat. Ini penting, karena pertumbuhan ekonomi itu biasanya tak selalu bisa mensejahterakan masyarakat paling bawah, maka didalam misi ketiga kabupaten bantul pertumbuhan ekonomi inklusif itu dipertebal, ekonomi tumbuh tetapi dengan mengangkat ekonomi paling bawah supaya tidak terjadi ketimpangan. Di DIY dan Bantul perekonomian itu tumbuh, tetapi angka kemiskinan juga tumbuh, jadi ketimpangan itu masih besar terjadi," lanjut Abdul Halim.

Dijelaskan Bupati Bantul, kebangkitan ekonomi melalui pengembangn sektor wisata yang ditumbuhkan secara inklusif ini dapat membantu mengentaskan kemiskinan.

“Jadi, tak hanya menumbuhkan perekonomian di sektor makro. Namun, masyarakat pada level terendah pun ekonominya dapat tumbuh, yang pada akhirnya akan dapat menekan angka kemiskinan,” tandas orang nomor satu di Kabupaten Bantul.

Pada acara ini, akdemisi UGM yang dipercaya untuk menjadi masterplan desa wisata memaparkan, beberapa rancangan konsep yang akan digunakan dalam pembangunan desa wisata di daerah Tirtohargo.

Rencana bangunan yang telah ada, tak akan diubah. Pembangunan ini akan lebih ke arah bagaimana memanfaatkan sarana dan prasarana yang sudah ada.

Wisatawan yang mengunjungi Tirtohargo dapat menikmati lahan mangrove, peternakan kepiting, serta rambak-rambak yang nanti dilanjutkan rekreasi di Pantai. (ayu)
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih melihat langsung view kawasan Kalurahan Trihargo dari atas jembatan Kretek II, Selasa (20/9/2022).

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved