Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Bupati Halim Tegaskan Pertanian Sektor Unggulan di Kabupaten Bantul

Bupati Abdul Halim Muslih menyatakan, sektor pertanian merupakan sektor unggulan di Kabupaten Bantul, selain industri kreatif dan pariwisata.

Editor: Agus Wahyu
Tribun Jogja/ Santo Ari
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat panen raya bawang merah, di Dusun Sangkeh, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Rabu (31/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyatakan, sektor pertanian merupakan satu di antara sektor unggulan di Kabupaten Bantul, selain sektor industri kreatif dan pariwisata.

Baca juga: Bupati Halim Gembira Petani Bawang Bantul Terbuka Atas Perkembangan Iptek

Baca juga: Panen Bawang Merah di Bantul Sudah Lebih dari 700 Hektar

“Saat ini, dengan lahan terbatas, sektor pertanian mampu mencukupi kebutuhan di wilayah Yogyakarta. Sektor pertanian telah kita tetapkan sebagai potensi unggulan daerah. Alhamdulillah, di sektor pertanian ini hasil produksinya melimpah,” ungkap Bupati Abdul Halim Muslih.

Abdul Halim mengatakan, saat ini Kabupaten Bantul telah mencapai target sebagai swasembada beras. Disebutkan, produksi gabah di wilayah Bantul mampu mencapai surplus 94.000 ton.

Selain padi, lanjut Halim, surplus produksi juga terjadi pada hasil pertanian bawang merah. “Bahkan, Bantul menjadi di antara penghasil dan pemasok bawang merah terbesar untuk wilayah DI Yogyakarta,” imbuh Bupati Halim.

Sekadar diketahui, kebutuhan bawang merah untuk wilayah DIY mencapai proporsi 60 persen, yang dipenuhi dari hasil petani di Bantul.

“Meskipun Bantul hanya memiliki 14 hektare lahan pertanian berkelanjutan, produktivitas pertanian di Bantul sangat tinggi. Hal itu, diketahui hampir tak ada tanah menganggur di Bantul,” kata Bupati Bantul. (ayu)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved