Pilpres 2024

Pilpres 2024: Setelah Safari Politik, Inilah Upaya Fraksi PDI-P Tingkatkan Citra Puan Maharani

Langkah untuk mengangkat citra Puan Maharani untuk Pilpres 2024 telah dilakukan internal partai. Tak terkecuali dari Fraksi PDI-P DPR.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
Facebook/Puan Maharani
Ketua DPP PDIP Puan Maharani memberikan pengarahan dalam acara konsolidasi PDI Perjuangan dengan tema "2024 Menang Spektakuler Hattrick" di The Renaissance Ballroom, Kota Semarang, Minggu (18/9/2022). Dalam kegiatan tersebut tak nampak sosok Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 

TRIBUNJOGJA.COM - Gaung Pilpres 2024 mulai terasa walau pelaksanaannya masih cukup lama. Beberapa partai politik mulai bergerak mencari Capres-cawapres yang cocok untuk diusung di Pilpres 2024

Di kubu PDI-P, hingga kini belum muncul secara pasti siapa sosok yang akan diusung sebagai Capres 2024

Walau demikian, publik tampaknya telah menangkap sinyal itu di antaranya mengarah pada sosok Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDI-P Puan Maharani

Langkah untuk mengangkat citra Puan Maharani bahkan juga telah dilakukan internal partai. Tak terkecuali dari Fraksi PDI-P DPR.

Baca juga: Pilpres 2024: Siapa yang Berniat Jegal Prabowo Subianto Maju Capres? Ini Kata DPP Partai Gerindra

Mereka membentuk Dewan Kolonel. Dewan Kolonel ini bertugas meningkatkan citra Puan Maharani hingga ke daerah pemilihan (dapil) masing-masing anggota.

"Tapi semua dimulai dari Komisi I sampai XI. Apa yang bisa kita lakukan, setiap komisi kita lakukan, di dapil juga," kata Anggota Fraksi PDI-P Trimedya Panjaitan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

"Kalau bahasanya Pacul (Bambang Wuryanto) kan bagaimana 'mewangikan' Mbak Puan di dapil kita masing-masing," lanjutnya.

Tribun Jogja mengutip laporan kompas.com, Trimedya menyatakan, usulan pembentukan Dewan Kolonel itu muncul dari anggota Fraksi PDI-P Johan Budi.

Dia mengatakan, Johan mengusulkan ada hal yang perlu dilakukan Fraksi PDI-P di DPR untuk menunjukkan bahwa mereka adalah loyalis Puan.

Meski hal tersebut diusulkan Johan, namun Trimedya yang ditunjuk sebagai koordinator Dewan Kolonel itu.

"Ya sudah, dia bilang, gue jadi koordinator. Jadilah pada saat itu. Kemudian pas Pak Utut (Ketua Fraksi PDI-P DPR Utut Adianto) ke luar kota sama Mbak (Puan), disampaikan sama Pak Utut, Mbak (Puan) senang. Sudah gitu aja, tidak ada program yang rigid," beber anggota Komisi III DPR itu.

Sebelumnya, DPP PDI-P juga telah membentuk tim advance yang bertugas membantu safari politik Puan Maharani ke partai politik.

Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu PDI-P Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mengatakan, tim ini dibentuk merupakan hal yang umum.

Dia mengatakan, ini merupakan kebiasaan para petinggi partai sebelum melakukan pertemuan politik.

"Sebelum pertemuan biasanya ada tim advance, nanti tim advance-nya ini yang berkomunikasi awal untuk terutama untuk mencocokan waktu, waktunya bisanya kapan," kata Bambang di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu mengatakan, selain soal waktu, tim advance ini menyiapkan hal-hal yang akan dibahas dalam safari politik, termasuk soal hal-hal yang tidak perlu dibahas dalam pertemuan.

(*)

Artikel tayang di https://nasional.kompas.com/read/2022/09/20/fraksi-pdi-p-bentuk-dewan-kolonel-wangikan-citra-puan-maharani-hingga-ke

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved