Polisi Tembak Polisi

Ternyata Putri Candrawathi Pernah Bikin Rekening Pakai Nama Brigadir J dan Ricky Rizal, untuk Apa?

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, pernah membuat rekening bank atas nama dua anak buah suaminya, Brigadir Yosua dan Bripka Ricky Rizal.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Tersangka Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi saat menjalani rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). Tim Khusus (Timsus) Polri menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. 

Tribunjogja.com - Pengungkapan kasus pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat hingga kini masih berlanjut.

Sejauh ini polisi telah menetapkan lima tersangka pembunuhan Brigadir J. Mereka adalah Irjen Ferdy Sambo yang diduga menjadi otak pembunuhan.

Sedangkan empat tersangka lainnya yakni Putri Candrawathi, Richard Eliezer atau Bharada E, Ricky Rizal atau Bripka RR, dan Kuat Ma'ruf. 

Tersangka Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi saat menjalani rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). Tim Khusus (Timsus) Polri menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.
Tersangka Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi saat menjalani rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). Tim Khusus (Timsus) Polri menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. (KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)

Kasus ini juga menyeret banyak nama anggota Polri. Lebih dari 30 personel kepolisian dicopot dari jabatannya.

Sebanyak tujuh polisi ditetapkan sebagai tersangka obstruction of justice atau dugaan menghalangi penyidikan. Lalu, beberapa dijatuhi sanksi demosi hingga pemecatan.

Berikut perkembangan terbaru kasus kematian Brigadir J.

Rekening Putri Candrawathi

Terungkap fakta baru bahwa istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, pernah membuat rekening bank atas nama dua anak buah suaminya, Brigadir Yosua dan Bripka Ricky Rizal.

"Berdasarkan informasi dan keterangan dari klien kami tentang rekening, memang ada rekening yang dibuat atas nama RR dan J,” kata pengacara Putri, Arman Hanis, saat dikonfirmasi, Rabu (14/9/2022).

Arman mengatakan, rekening itu dibuat untuk keperluan rumah tangga keluarga Ferdy Sambo dan Putri. “Yang gunanya untuk tugas masing-masing, misalnya untuk si RR itu untuk keperluan rumah tangga yang di Magelang dan rekening atas nama J itu untuk keperluan rumah tangga di Jakarta,” ucap Arman.

Baca juga: Kabar Terbaru Kasus Brigadir J: Uji Balistik dan Hasil Autopsi Ungkap Dugaan Peran Putri Candrawathi

Pengacara Bripka Ricky Rizal, Erman Umar, juga membenarkan ihwal rekening tersebut. Erman mengungkap, Ricky dibuatkan rekening sekitar tahun 2021.

Namun, mobile banking, kartu, hingga buku rekening dikelola oleh Putri. Erman menyebutkan, rekening yang dibuat atas nama Ricky merupakan uang terkait kebutuhan rumah tangga keluarga Sambo di rumah Magelang.

“Itu dalam rangka kedinasan masalah misalnya untuk si RR itu untuk rumah tangga yang di Magelang itu, kebutuhan rumah tangga di Magelang,” ujarnya. Erman mengaku tak tahu persis nominal uang dalam rekening tersebut. Namun, diduga jumlahnya mencapai ratusan juta. Lebih lanjut, kata Erman, Putri juga yang melakukan transaksi atau mengisi uang dalam rekening itu.

“Tapi yang berhak melempar duit itu kan bu PC kan. Bukan mereka (ajudan), jadi namanya aja,” ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved