4 Universitas di Jogja yang Punya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Beberapa kampus Universitas di Jogja baik negeri maupun swasta, di antaranya memiliki Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Iwan Al Khasni
DOK. Pexels/Andrea Piacquadio
Ilusttrasi mahasiswi Universitas di Jogja yang memiliki Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 

Tribunjogja.com - Banyak lulusan SMA/SMK yang memilih untuk melanjutkan ke kuliah di Universitas di Jogja.

Beberapa kampus Universitas di Jogja baik negeri maupun swasta, di antaranya memiliki Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Tribun Jogja merangkum ada empat Universitas di Jogja yang memiliki Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar:

1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Kampus UNY
Kampus UNY (Ist)

Salah satu Universitas di Jogja yang memiliki Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yakni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Departemen Pendidikan Prasekolah dan Dasar (PPD) untuk program studi S-1 PGSD dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 10/D/O/2006 pada tanggal 3 Februari 2006.

Program Studi S-1 PGSD merupakan pengembangan dari calon guru Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan nama Sekolah Pendidikan Guru dan Sekolah Guru Olahraga.

Baca juga: 3 Universitas di Jogja yang Punya Program Studi Agribisnis

2. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Area kampus Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Area kampus Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (DOK. Laman Resmi UAD)

Salah satu Universitas di Jogja yang memiliki Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yakni Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UAD di selenggarakan sejak tahun akademik 2011/2012 dengan Ijin Penyelenggaraan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 167/E/O/2011 pada tanggal 5 Agustus 2011 tentang Penyelenggaraan Program studi pada Universitas Ahmad Dahlan.

Pada tahun 2019 mencapai akreditasi A berdasarkan SK BAN-PT Nomor 1986/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2019 Prodi PGSD UAD juga di percaya sebagai penyelenggara PPG prajabatan maupun PPG dalam jabatan sejak tahun 2018.

Profil lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD-Elementary Teacher Education) jenjang Sarjana diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Dasar yang memiliki keahlian sebagai:

- Tenaga Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.

- Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved