Breaking News:

Tol Yogyakarta Bawen

Update Terkini Tol Yogyakarta-Bawen: Konstruksi Seksi1 Capai 2,3 Persen, Pembebasan Lahan 81 Persen 

progres pembebasan lahan tol Yogyakarta-Bawen juga telah mengakomodir penambahan luas Right of Way (ROW) 38 persen (sekitar 18,8 hektar) di DIY

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
Dok. Kementerian PUPR
Progred Tol Yogyakarta Bawen. Ilustrasi foto dok: Pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen pada Sabtu (13/08/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM - Progres konstruksi tol Yogyakarta-Bawen untuk seksi 1 Yogyakarta-Banyurejo telah mencapai 2,3 Persen.

Kabar terbaru proyek Tol Yogyakarta-Bawen itu diungkapkan Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) A.J. Dwi Winarsa. 

Ia juga menjelaskan bahwa progres pembebasan lahan Tol Yogyakarta-Bawen untuk seksi 1 telah mencapai 81 persen.

Disebutkan bahwa progres pembebasan lahan tol Yogyakarta-Bawen juga telah mengakomodir penambahan luas Right of Way (ROW) sebanyak 38 persen (sekitar 18,8 hektar) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tribun Jogja mengutip laporan kompas.com, disebutkan bahwa proyek Tol Yogyakarta-Bawen dimulai pada Seksi 1 Yogyakarta-Banyurejo sepanjang 8,80 kilometer.

Sampai pekan pertama September 2022, progres pembebasan lahan untuk seksi 1 telah mencapai 81 persen dan konstruksi 2,3 persen.

Dwi mengatakan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi pihak terkait untuk mengejar pembebasan lahan yang berada di sekitar Jawa Tengah.

"Saat ini kami juga sudah mengantongi penetapan lokasi (penlok) yang di Jawa Tengah. Mengupayakan proses pembebasan lahan berjalan sesuai dengan target," ujarnya dalam rilis pers, Senin (12/09/2022).

Dwi menjelaskan, progres pembebasan lahan tersebut juga telah mengakomodir penambahan luas Right of Way (ROW) sebanyak 38 persen (sekitar 18,8 hektar) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Di mana merupakan dampak dari kebijakan Saluran (Selokan) Mataram yang masuk sebagai zonasi cagar budaya.

Ditambah lagi, Dewan Pertimbangan Pelestarian Warisan Budaya (DP2WB) DIY juga merekomendasikan agar lokasi bangunan pondasi atau kolom tidak berada pada zona inti, di luar jalan inspeksi Saluran Mataram.

"Mengenai penambahan lingkup terkait zonasi Cagar Budaya Saluran Mataram, saat ini PT JJB terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk perubahan penlok ini, termasuk melakukan kegiatan sosialisasi rencana penambahan lahan di desa-desa," jelas Dwi.

Sesuai dengan target dan prioritas pembangunan di proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, proses konstruksi Seksi 1 Yogyakarta-Banyurejo ditargetkan rampung pada Kuartal I Tahun 2024.

Sementara untuk pengoperasian Seksi 1 pada Kuartal III Tahun 2024 dan akan terhubung dengan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta International Airport di Junction Sleman.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved