Tanda-tanda Asam Urat di Tangan, Begini Cara Mengobatinya

Asam urat paling sering didiagnosis di jempol kaki, pergelangan kaki, dan lutut sebelum berkembang ke tangan.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
Shutterstock
Gejala asam urat di tangan 

Tribunjogja.com - Asam urat adalah salah satu penyakit yang paling terdokumentasi dengan baik dalam semua sejarah manusia.

Asam urat adalah bentuk radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat di persendian. Asam urat seharusnya melewati ginjal sebelum meninggalkan tubuh melalui urin. Jika asam urat tidak dikeluarkan dengan benar, maka akan terakumulasi dalam bentuk kristal di persendian. Dan ini bisa sangat menyakitkan.

Mengalami serangan asam urat di tangan dapat membuat hari-hari kita terganggu. Untungnya, asam urat dapat diobati dan dapat dikelola dengan pengobatan dan perubahan gaya hidup tertentu.

Ilustrasi Nyeri sendi
Ilustrasi Nyeri sendi (IST)

Jika langkah yang tepat diambil, Anda juga dapat mencegah penyakit asam urat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Melansir khealth.com, asam urat biasanya pertama kali terlihat di sendi jempol kaki. Namun, dapat berkembang ke bagian tubuh lain seperti pergelangan kaki, lutut, siku, dan tangan.

Serangan asam urat dapat berlangsung selama 3-10 hari. Jika tidak diobati, dapat berkembang menjadi "tophi", yaitu benjolan keras yang ditemukan di bawah kulit.

Pembedahan mungkin diperlukan untuk menghilangkan benjolan. Penyebab Asam Urat di Tangan

Mengutip khealth.com, untuk mencegah asam urat di tangan, cobalah untuk menangkap serangan asam urat lainnya sejak dini dan memulai pengobatan. Asam urat paling sering didiagnosis di jempol kaki, pergelangan kaki, dan lutut sebelum berkembang ke tangan.

Penyebab penyakit asam urat di tangan Apa saja yang menjadi penyebab terjadinya asam urat di tangan?

1. Genetika

Halaman
1234
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved