Berita Bantul Hari Ini

PBB-P2 di Bantul per 6 September 2022 Capai Rp 42,7 Miliar

Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Bantul mencatat Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2) per 6

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Santo Ari
Bupati Bantul memberikan hadiah secara simbolis kepada wajib pajak yang telah lunas PBB-P2 yang dalam hal ini penerimaan hadiah diwakilkan ke Panewu, Rabu (7/9/2022) 

TRIIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Bantul mencatat Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2) per 6 September 2022 mencapai Rp 42,7 miliar dengan jumlah Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) sebanyak 459.744 lembar.

Sedangkan total nilai pokok PBB-P2 sebesar Rp71,2 miliar dengan jumlah SPPT sebanyak 649.097 lembar.

Kepala BPKPAD Bantul, Trisna Manurung mengapresiasi bagi kapanewon hingga padukuhan yang telah lunas PBB-P2 tahun ini.

Baca juga: Perlintasan KA Teteg Wetan Stasiun Wates Bakal Ditutup Permanen untuk Kurangi Angka Kecelakaan

Ia mencatat, ada tiga kapanewon yang lunas PBB-P2 yakni Kapanewon Dlingo, Sanden, dan Kretek.

"Selain tiga kapanewon, Dlingo, Sanden dan Kretek, ada 24 kalurahan dan 288 padukuhan di Bantul yang sudah melunasi Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2) selama setahun ini," ujarnya dalam Acara Monitoring dan Evaluasi serta Pengundian Hadiah Atas Pelunasan Pembayaran PBB-P2 Tahun 2022 di Parasamya, Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bantul, Rabu (7/9/2022).

Adapun 24 kalurahan yang lunas PBB-P2 adalah Kalurahan Gadingharjo, Gadingsari, Murtigading, Tirtohargo, Parangtritis, Donotirto, Tirtosari, Tirtomulyo, Karang Tengah, Imogiri, Mangunan, Muntuk, Dlingo, Temuwuh, Jatimulyo, Terong, Seloharjo, Selopamioro, Kebonagung, Girirejo, Karangtalun, Bawuran, dan Wonolelo.

Adapun dalam kesempatan itu dilakukan pengundian hadiah untuk wajib pajak dari 4 kapanewon yang telah lunas selama jatuh tempo tahap ketiga (1 Januari-31 Agustus 2022). Yakni dari Kapanewon Bantul, Piyungan, Sewon dan Kasihan. Hadiah utama dalam undian ini adalah sepeda motor Yamaha M3 125 tahun 2022 off the road.

Trisna menyatakan bahwa undian hadiah ini adalah bagian dari apresiasi Pemkab Bantul atas kepatuhan masyarakat dalam memenuhi kewajiban pembayaran PBB-P2 lebih awal tanpa harus menunggu jatuh tempo.

Sementara itu Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menjelaskan bahwa kemandirian keuangan daerah menjadi faktor kunci tercapainya keberhasilan pembangunan ekonomi daerah dan terwujudnya daerah yang maju dan sejahtera.

Baca juga: Harga BBM Naik, Polres Klaten Salurkan 100 Paket Sembako ke Warga Terdampak

"Oleh karenanya, PBB-P2 ini menjadi instrumen yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan kemandirian pemerintah Kabupaten Bantul," ungkapnya.

Bupati menambahkan, PBB-P2 merupakan salah satu jenis pajak daerah yang potensial, sehingga perlu dioptimalkan pengelolaannya. Dirinya pun mengapresiasi kepada masyarakat wajib pajak  di Bantul karena telah menunaikan kewajibannya membayar pajak PBB-P2.

"Pelunasan PBB-P2 merupakan wujud kecintaan, komitmen, dan partisipasinya dalam proses pembangunan di Kabupaten Bantul. Demikian pula kami Pemkab Bantul tentu akan selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Bantul," jelasnya. (nto)

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved