Gejala, Penyebab Batu Ginjal dan Cara-cara Alami Membersihkannya

Penyebab batu ginjal ada banyak, antara lain dehidrasi, air seni yang terlalu asam, infeksi saluran kemih, hingga penumpukan limbah dan racun ginjal

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
Shutterstock
Tanda-tanda penyakit ginjal kronis 


TRIBUNJOGJA.COM - Ginjal adalah organ kecil yang menakjubkan. Setiap hari, mereka memproses sekitar 200 liter darah, membuang kelebihan air dan produk limbah, membuang racun dan menjaga agar tubuh berfungsi dengan lancar. 

Jika ginjal tidak mampu mengeluarkan racun dan limbah dari tubuh, mereka akan menumpuk di dalam tubuh. Ini bisa mengganggu fungsi normal ginjal, hati dan organ lainnya. Akibatnya menimbulkan kelelahan, sakit perut, sakit kepala, retensi air dan masalah lainnya. 

Ilustrasi ginjal
Ilustrasi ginjal (net)

Penumpukan racun dan limbah juga dapat menyebabkan batu ginjal, kumpulan kristal atau mineral yang belum diproses yang dapat tumbuh hingga sebesar bola golf. 

Batu ginjal memengaruhi 10-15 persen orang dewasa Amerika, tetapi juga dapat ditemukan pada anak-anak berusia lima tahun.

Penyebab dan gejala batu ginjal

Penyebab batu ginjal ada banyak, antara lain dehidrasi, air seni yang terlalu asam, infeksi saluran kemih, hingga penumpukan limbah dan racun di ginjal.

Gejala batu ginjal termasuk nyeri berlebihan di punggung bagian bawah, sakit perut atau saluran kemih yang mungkin tajam, ringan atau menyiksa, muntah parah atau merasa mual, keinginan untuk buang air kecil terus-menerus, dan kedinginan atau keringat terus-menerus.

Walaupun gejalanya bervariasi tergantung pada ukuran batunya, rasa sakit yang tak henti-hentinya dan ketidaknyamanan di bagian samping adalah alasan yang baik untuk menemui ahli urologi.

Batu ginjal mudah disembuhkan jika didiagnosis sejak dini.

Mengapa Anda harus membersihkan ginjal Anda

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved