Berita Bisnis Terkini

Sharp Greenerator Lakukan Monitoring dan Sosialisasi Kualitas Air di Hulu Sungai Ciliwung

Sharp Greenerator kembali melakukan kegiatan sosialisasi terhadap pentingnya menjaga lingkungan di daerah hulu dengan mengunjungi Titik Nol Ciliwung.

Penulis: Gaya Lufityanti | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Anak Sharp Greenerator sedang mengambil sample air di Hulu sungai Ciliwung 

Tribunjogja.com – PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) memiliki komitmen kuat terhadap pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat sekitar, bersama Sharp Greenerator , sebuah komunitas anak muda pecinta lingkungan bentukan Sharp Indonesia.

Sharp secara aktif dan reguler melakukan kegiatan pelestarian lingkungan yang merupakan keberlanjutan dari kegiatan sebelumnya di kawasan Gunung Gede Pangrango beberapa waktu lalu.

Sharp Greenerator kembali melakukan kegiatan sosialisasi terhadap pentingnya menjaga lingkungan di daerah hulu dengan mengunjungi Titik Nol Ciliwung Telaga Saat Puncak, Bogor.

Menggandeng komunitas Transformasi Hijau (Trashi), Relawan Indonesia Pembela Alam (RIMBA), Uni Konservasi Fauna -IPB (UKF-IPB) dan Mandala Harja Semesta (MAHASA), Sharp Greenerator diberikan pelatihan berupa monitoring kualitas air sungai dan diperkenalkan potensi alam, sumber air Ciliwung, serta habitat flora dan fauna.

Baca juga: Sharp Greenerator Ajak Anak Citayam Fashion Week Lakukan Aksi Nyata Peduli Lingkungan

“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen keberlanjutan Sharp Indonesia terhadap pelestarian lingkungan, kami ingin meningkatkan kompetensi para anggota Sharp Greenerator agar lebih mengenal alam, memahami permasalahan lingkungan dan cara menanggulanginya,” ujar Pandu Setio, Senior PR & Brand Communication Manager PT Sharp Electronics Indonesia melalui siaran resmiyang diterima Tribunjogja.com .

Ciliwung, Sungai sepanjang 117 kilometer ini pernah menjadi salah satu sumber kehidupan masyarakat karena merupakan habitat berbagai ikan.

Namun, kini banyak masalah yang menghinggapi sungai dari mulai bagian hulu di Bogor hingga hilirnya di pantai utara Jakarta.

Guna meningkatkan wawasan para anggota Sharp Greenerator akan kualitas air sungai Ciliwung di bagian hulu, kegiatan pertama yang dilakukan adalah melakukan pengamatan.

Pengamatan kualitas air dipusatkan di dua titik yaitu telaga Putri dan telaga Gayonggong yang merupakan sumber mata air yang mengalir ke titik 0 Sungai Ciliwung yaitu Telaga Saat.

Menggunakan dua metode analisis pengukuran yaitu analisis Biologi dan Fisika, dalam analisis Biologi dilakukan melalui metode biomonitoring dengan bioindikator makroinvertebrata.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved