Berita DI Yogyakarta Hari Ini

Komisi IX DPR RI Pelajari Keberhasilan Program Vaksinasi Covid-19 di DI Yogyakarta

Komisi IX DPR RI menilai capaian vaksinasi Covid-19 di DIY sudah tergolong tinggi, bahkan hingga melampaui rata-rata nasional.

freepik
Ilustrasi vaksin Covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komisi IX DPR RI menilai capaian vaksinasi Covid-19 di DIY sudah tergolong tinggi, bahkan hingga melampaui rata-rata nasional.

Hal itu diungkapkan Ketua Tim Kunker Spesifik Komisi IX DPR RI , Emanuel Melkiades Laka Lena saat melakukan kunjungan kerja ke DI Yogyakarta pada Jumat (2/9/2022).

Kunjungan itu dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut terkait strategi keberhasilan vaksinasi DIY.

“Dari kunjungan ini kami ingin mendapat catatan dan gambaran pelaksanaan vaksinasi di DIY. Ini untuk menjadi rekomendasi kami untuk bisa dilakukan di daerah lain,” ungkap pria yang menjabat Wakil Ketua Komisi IX ini.

Ditambahkan Melki, sapaannya, kunjungan spesifik ini dilakukan sebagai pelaksanaan fungsi pengawasan dari Komisi IX DPR RI.

Baca juga: Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan Angkutan Darat, Begini Kata Organda DIY

Kegiatan ini masih ada kaitannya dengan hasil rapat soal vaksinasi yang digelar belum lama ini.

Selain DIY, kunjungan spesifik ini juga dilakukan di Provinsi Lampung dan NTB.

Sementara Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X mengatakan, dalam melaksanakan program vaksinasi, Pemda DIY justru menggunakan masyarakat sebagai subjeknya.

Sehingga peran serta masyarakat menjadi yang utama demi kelancaran program vaksinasi di DIY.

"Kami menggunakan kearifan lokal sehingga capaian vaksin bisa lebih cepat,” ungkap Sri Paduka kepada Komisi IX DPR RI.

Sri Paduka mengungkapkan, komunitas-komunitas yang ada di masyarakat juga digandeng untuk dapat memberikan pemahaman sekaligus mengajak para anggota komunitasnya yang lain agar mau divaksin.

Bahkan di beberapa lokasi vaksinasi di DIY dilakukan melalui cara jemput bola, sehingga memudahkan siapa saja yang akan divaksin tanpa harus pergi ke tempat vaksinasi sekaligus menghemat waktu.

Dipaparkan Sri Paduka, capaian vaksinasi di DIY dari total sasaran 3,1 juta lebih penduduk, telah tercapai 107,47 persen untuk dosis satu dan 99,71 persen untuk dosis kedua.

Baca juga: Minat Masyarakat Jalani Vaksinasi Booster Meningkat, Pemda DIY Kembali Lakukan Jemput Bola

Sementara untuk vaksinasi booster satu baru tercapai 40,93 persen.

Sedangkan untuk vaksin booster dua khusus untuk tenaga kesehatan tercapai 62,29 persen dari jumlah keseluruhan tenaga kesehatan yang ada di DIY.

“Pemda DIY berikut segenap jajarannya hingga tingkat kabupaten/kota, beserta para pemangku kepentingan, termasuk berkolaborasi dengan kepolisian serta Poltek Kesehatan terus melakukan kegiatan vaksinasi dosis ketiga di tengah masyarakat, bahkan hingga lingkungan terkecil seperti pasar tradisional, tempat kerja, sekolah, hingga organisasi keagamaan,” jelas Sri Paduka.

Sri Paduka pun menegaskan, meski saat ini angka kasus Covid-19 di DIY cenderung landai, namun warga tidak boleh lengah dan abai terhadap protokol kesehatan.

Hal ini tidak kalah pentingnya dengan membentengi diri dengan vaksinasi sebagai upaya menekan laju penyebaran Corona. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved