Berita Klaten Hari Ini

Kasus Cacar Monyet di Klaten Nihil, Dinkes Lakukan Deteksi Dini

Dinkes Klaten meminta masyarakat untuk waspada dan melakukan deteksi dini bila mendapatkan gejala yang dicurigai cacar monyet.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM/ ALMURFI SYOFYAN
Kepala Dinas Kesehatan Klaten, Cahyono Widodo 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Temuan kasus cacar monyet atau monkeypox di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dipastikan masih nihil.

Namun Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meminta masyarakat untuk waspada dan melakukan deteksi dini bila mendapatkan gejala sakit tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Klaten, Cahyono Widodo mengatakan jika pihaknya meminta masyarakat untuk tetap waspada dan rutin memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di daerah itu.

"Kita belum ada temuan cacar monyet. Kewaspadaan kita, karena ini kan gejalanya juga panas, jadi kalau ada masyarakat yang badannya panas bisa cek ke faskes untuk deteksi dini," ujarnya saat ditemui di DPRD Klaten, Jumat (2/9/2022).

Sebagaimana diketahui, virus cacar monyet dapat menular melalui banyak faktor.

Beberapa di antaranya adalah ketika seseorang bersentuhan dengan virus dari hewan yang terinfeksi.

Lalu, penularan bisa juga melalui orang yang terinfeksi atau bahan yang sudah terkontaminasi virus.

Menurut Cahyono, Dinkes Klaten bakal melakukan pemantauan bagi warga daerah itu yang memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri atau yang pernah keluar masuk ke daerah yang sudah ditemukan kasus cacar monyet itu.

Selain itu, pihaknya sudah menyusun upaya untuk melakukan deteksi dini terhadap penyebaran kasus tersebut, seperti imbauan ke masyarakat melalui kader kesehatan.

"Kalau itu jelas, misal dari luar negeri atau daerah yang sudah terpapar misalkan akan kita pantau, tapi ini kan di daerah juga belum banyak temuan kasusnya, tapi kita tetap waspada," ulasnya.

( tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved