Putri Candrawathi Belum Ditahan Meski Sudah Jadi Tersangka, Begini Kata Pakar Hukum

Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo yang menjadi tersangka pembunuhan Brigadir J masih belum ditahan.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Tersangka Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi saat menjalani rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). Tim Khusus (Timsus) Polri menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo yang menjadi tersangka pembunuhan Brigadir J masih belum ditahan.

Penyidik mengatakan penangguhan penahanan Putri Candrawathi lantaran ia masih memiliki anak kecil.

Tentu, alasan tersebut dirasa tidak adil oleh masyarakat karena ada banyak perempuan yang juga pernah ditahan saat masih memiliki anak kecil.

Baca juga: Beda Nasib dengan Putri Candrawathi, Ini Daftar Nama Ibu yang Tetap Dipenjara Meski Punya Anak Kecil

Menanggapi hal tersebut, Dr Gregorius Widiartana SH MHum, Dosen Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menjelaskan, penahanan itu salah satunya kewenangan penyidik.

“Ada dua syarat penahanan, yakni syarat obyektif, dari Pasal 21 ayat 4 KUHAP dan syarat subyektif dari Pasal 21 ayat 1 KUHAP,” bebernya kepada Tribun Jogja, Kamis (1/9/2022).

Ia melanjutkan, syarat subyektifnya, yaitu pertama, tindak pidana yang dilakukan diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih.

Kedua tindak pidananya disebut dalam KUHP ataupun peraturan pidana lain meskipun ancaman pidananya kurang dari 5 tahun penjara.

“Dalam hal ini, tindak pidana tersebut dianggap sangat mempengaruhi ketertiban masyarakat serta mengancam keselamatan badan atau nyawa orang,” terangnya.

Sementara, syarat subyektif penahanan,  yaitu ada kekhawatiran bahwa tersangka atau terdakwa akan melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti dan atau mengulangi tindak pidananya.

Dalam kasus PutrinCandrawathi , kata dia, tidak ditahannya istri Ferdy Sambo itu karena menurut penilaian penyidik, Putri Candrawathi tidak akan melarikan diri.

“Dia dinilai tidak merusak atau menghilangkan barang bukti dan atau mengulangi tindak pidananya,” terang dia.

Baca juga: Tiga Alasan Ini Jadi Pertimbangan Polisi Tidak Tahan Putri Candrawathi

Jadi, menurut penilaian penyidik, syarat subyektif untuk melakukan penahanan terhadap Putri tidak terpenuhi.

“Menurut saya juga ada alasan kemanusiaan karena Putri punya balita yang masih sangat membutuhkan kehadirannya. Sehingga, itu mengapa Putri tak ditahan dalam rumah tahanan,” tukasnya. (ard)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved