Beda Nasib dengan Putri Candrawathi, Ini Daftar Nama Ibu yang Tetap Dipenjara Meski Punya Anak Kecil

Penyidik berdalih, Putri Candrawathi belum ditahan lantaran dirinya masih memiliki anak kecil berusia 1,5 tahun. Ironisnya, ada banyak Ibu yang juga

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
Kompas.com/Kristianto Purnomo
Tersangka Putri Candrawathi saat menjalani rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). Tim Khusus (Timsus) Polri menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM - Kasus pembunuhan Brigadir J sudah selesai direkonstruksi oleh kepolisian beberapa waktu lalu.

Namun kemudian, banyak masyarakat yang bertanya-tanya, mengapa Putri Candrawathi yang juga jadi tersangka pembunuhan tidak ditahan.

Padahal empat tersangka lain, termasuk suaminya, Ferdy Sambo sudah ditahan dan mengenakan baju oranye saat rekonstruksi.

Penyidik berdalih, Putri Candrawathi belum ditahan lantaran dirinya masih memiliki anak kecil berusia 1,5 tahun.

Ferdy Sambo dan sang istrinya Putri Candrawathi menampakkan kemesraan saat proses rekonstruksi pembunuhan terhadap Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto membenarkan pengajuan permohonan penangguhan penahanan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi diterima oleh pihak kepolisian. Menurut Agung, permohonan itu diterima saat Putri diperiksa oleh penyidik di Bareskrim Polri pada Rabu (31/8/2022)
Ferdy Sambo dan sang istrinya Putri Candrawathi menampakkan kemesraan saat proses rekonstruksi pembunuhan terhadap Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto membenarkan pengajuan permohonan penangguhan penahanan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi diterima oleh pihak kepolisian. Menurut Agung, permohonan itu diterima saat Putri diperiksa oleh penyidik di Bareskrim Polri pada Rabu (31/8/2022) (Istimewa)

Ironisnya, ada banyak Ibu yang juga memiliki anak kecil, bahkan masih balita yang tetap mendekam di penjara.

Berikut daftar nama para Ibu yang pernah merasakan dinginnya jeruji besi meski masih memiliki anak kecil:

1. Nita Setia Budi

Seorang Ibu muda di Lampung bernama Nita Setia Budi (31) terpaksa membawa bayinya ke dalam Penjara karena sang anak masih membutuhkan Air Susu Ibu (ASI).

Mereka berada di dalam Penjara selama 19 hari sebelum sidang perdana.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandar Lampung menolak penangguhan penahanannya dengan dalih ancaman Nita diatas 15 tahun penjara.

Nita adalah seorang tersangka dari perkara pengedaran obat kosmetik ilegal secara daring pada Mei 2022 lalu.

Ia dijerat pasal 106 ayat 1 UU No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan yaitu menyediakan farmasi dan alat kesehatan lainnya tanpa izin edar ancaman hukuman 15 tahun dan denda Rp 1,5 miliar.

Namun kemudian, Nita dijatuhi hukuman dua bulan dalam vonis di Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjung Karang, Bandar Lampung pada 28 Juni 2022.

Baca juga: Tiga Alasan Ini Jadi Pertimbangan Polisi Tidak Tahan Putri Candrawathi

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved