Berita Klaten Hari Ini

Pendidikan Klaten Didorong Manfaatkan Digital, Kadis Kominfo: Kondisi Pandemi jadi Pelajaran

Kemenkominfo melalui Direktorat Ekonomi Digital menyelenggarakan workshop Adopsi Teknologi Digital Sektor Pendidikan di Kabupaten Klaten.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi Diskominfo Klaten
Sejumlah guru dan tenaga pendidikan SMA-SMK di Kabupaten Klaten saat mengikuti workshop, Rabu (31/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Direktorat Ekonomi Digital menyelenggarakan workshop Adopsi Teknologi Digital Sektor Pendidikan di Kabupaten Klaten.

Kegiatan itu diikuti oleh guru dan tenaga pendidikan SMA-SMK di Kabupaten Klaten di Hotel Grand Tjokro, Rabu (31/8/2022).

Ketua Tim Transformasi Digital Sektor Strategis Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata Direktorat Ekonomi Digital, Kemenkominfo, Dikki Rukmana mengatakan agenda tersebut merupakan salah satu kegiatan untuk melakukan digitalisasi di sektor strategis, khususnya di sektor pendidikan.

"Direktorat Ekonomi Digital memiliki program Adopsi Teknologi Digital di 6 Sektor Strategis dengan beberapa inisiatif digital di Sektor Pertanian, Sektor Maritim, Sektor Pendidikan, Sektor Logistik, Sektor Pariwisata dan Sektor Kesehatan," paparnya.

Baca juga: Ratusan Guru hingga Nakes Pejabat Fungsional Pemkab Klaten Dilantik

Menurutnya, workshop tersebut mematangkan penggunaan teknologi digital dalam menunjang pembelajaran yang diselenggarakan institusi pendidikan.

Hal ini lantaran mode pembelajaran dengan menggunakan platform digital telah berlangsung sebelumnya sejak masa pandemi Covid-19.

"Workshop ini mematangkan penggunaan platform digital dalam metode pembelajaran saat ini, kurikulum merdeka. Jadi pengalaman saat pandemi lalu, guru dan tenaga pengajar diajak untuk lebih memanfaatkan teknologi digital yang sudah ada," ungkapnya.

Workshop ini turut dihadiri perwakilan Kementerian Kominfo, Kemendikbudristek, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Klaten, Amin Mustofa.

Kepala Diskominfo Klaten , Amin Mustofa mengapresiasi workshop adopsi teknologi digital di sektor pendidikan tersebut.

Menurutnya hal tersebut selaras dengan tujuan Klaten Smart City yang saat ini tengah dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Klaten .

Baca juga: Melihat 473 Bonsai Lokal Beradu Cantik di Klaten, Harganya Puluhan hingga Ratusan Juta Rupiah

"Workshop adopsi teknologi digital sektor pendidikan ini menjadi forum yang baik, agar penerapan teknologi pendidikan secara subtanstif dan komprehensif mampu menjawab akar permasalahan pendidikan masa kini," kata dia.

Tantangan pendidikan di era industri 4.0, lanjit Amin, akan menuju ke perubahan cara belajar, pola pikir, serta cara bertindak para peserta didik dalam mengembangkan inovasi kreatif di berbagai bidang.

Menurutnya sudah saatnya sektor pendidikan di Klaten memanfaatkan teknologi digital secara penuh. Sehingga sektor pendidikan terus mengalami perkembangan ke arah yang lebih maju.

"Kondisi pandemi menjadi pembelajaran bagi kita bahwa pengelolaan pendidikan harus dilakukan dengan penyesuaian mendasar, itupun juga harus dibarengi dengan perbaikan perilaku belajar dan mengajar berbasiskan teknologi pendidikan yang terus tumbuh," terangnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved