Berita Kabupaten Magelang Hari Ini

Pemkab Magelang Tinjau Kampung Pancasila di Kawasan Wisata Negeri Kahyangan 

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto bersama jajaran Forkompimda dan Forkopimcam Sawangan menghadiri acara peninjauan

Humas Pemkab Magelang
Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto bersama jajaran Forkompimda dan Forkopimcam Sawangan saat meninjau Kampung Pancasila di Kawasan Wisata Negeri Kahyangan di Dusun Surodadi, Senin (22/08/2022) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagitq Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto bersama jajaran Forkompimda dan Forkopimcam Sawangan menghadiri acara peninjauan Kampung Pancasila di Kawasan Wisata Negeri Kahyangan di Dusun Surodadi, Wonolelo, Sawangan, Senin (22/08/2022).

Adi Waryanto menyampaikan pada saat peringatan Hari Lahirnya Pancasila tanggal 1 Juni 2022 yang lalu, Pemerintah Kabupaten Magelang telah mencanangkan Kampung Pancasila secara serentak yang terpusat di Dusun Ngapus, Desa Kalisalak, Kecamatan Salaman, dimana Desa Wonolelo termasuk Desa yang dicanangkan.

Baca juga: Disbud Sleman Sebut Lomba Lukis DIY-Kyoto Tingkat Sleman Menjadi Bentuk Regenerasi Perupa 

Ia meyakini dengan pencanangan Kampung Pancasila ini akan menjadi contoh yang baik untuk hidup berdampingan dengan keberagaman. 

"Kalau kita rukun apapun bisa terwujud, sebaliknya kalau kita tidak rukun, toleransi kita tidak tinggi, dan tidak bisa hidup berdampingan, maka apapun yang kita cita-citakan tidak akan bisa terwujud," kata, Adi.

Lanjut Adi, dengan bersama-sama berjalan beriringan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, masyarakat akan harmonis, selaras dan keserasian akan dapat terwujud di bumi Indonesia, termasuk di Kabupaten Magelang.

Melalui Kampung Pancasila ini, Adi berharap dapat menciptakan suatu media pembelajaran nilai-nilai luhur Pancasila, menumbuhkan kerukunan meski beragam agama dan budaya, selain itu juga untuk menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika dan memberikan pemahaman masyarakat dalam menerapkan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Dua Wakil DIY Gagal Rebut Gelar Juara di Final Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament Seri 3

Sementara, Kepala Desa Wonolelo Marpomo menyampaikan pada dasarnya warga Desa Wonolelo selalu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dan bertekad bersama masyarakat untuk mengadakan pencanangan Kampung Pancasila ini 

"Kami berharap dengan ditinjaunya Kampung Pancasila di Desa Wonolelo ini dapat menjadi motivasi penyamangat bagi kami bagaimana kehidupan kami tetap mengamalkan nilai-nilai yg terkandung dalam pancasila," kata, Marpomo. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved