Tips Kesehatan

Tips Sehat Pengobatan Diabetes: Ini 2 Cara Cepat Turunkan Gula Darah, Cegah Komplikasi

Inilah tips kesehatan pengobatan diabetes, khususnya cara menurunkan gula darah dengan cepat agar terhindar dari komplikasi

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
net
Insulin untuk penderita diabetes - Foto ilustrasi. Ada beberapa cara menurunkan kadar gula darah dengan aman agar penderita diabetes terhindar dari komplikasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Bagaimana cara menurunkan kadar gula darah secara cepat? Kadar gula darah yang terlalu tinggi pada penderita diabetes akan sangat berbahaya bila tidak segera ditangani karena bisa mengarah ke komplikasi. 

Pasalnya, kondisi gula darah tinggi ini bisa menyebabkan ketoasidosis diabetik (DKA). Ini adalah komplikasi diabetes dan sindrom hiperglikemik hiperosmolar (HHS). Kondisi ini perlu ditangani secara medis.

Hal ini terjadi ketika level gula darah tinggi sehingga sangat mengkhawatirkan karena tubuh akan membakar lemak untuk menghasilkan energi.

Tanda yang wajib diwaspadai

Ilustrasi kadar gula dalam darah - Beberapa olahraga bermanfaat mengelola kadar gula darah dan tingkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes
Ilustrasi kadar gula dalam darah - Beberapa olahraga bermanfaat mengelola kadar gula darah dan tingkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes (diabetes.co.uk)

Sebelum itu terjadi, turunkan kadar gula darah menjadi normal dan levelnya tidak terlalu rendah. Ada beberapa tanda yang perlu diwaspadai dan jika tanda di bawah ini muncul, maka Anda disarankan untuk ke dokter, Tribun Jogja mengutip Healthline via kompas.com. 

Tanda-tanda yang perlu segera mendapat penanganan itu antara lain:

Terjadi muntah, nyeri perut, sesak nafas, mual, sering buang air kecil, merasa haus yang berlebihan, kebingungan, terdapat keton di dalam urin yang diketahui dari tes dipstick.

Cara menurunkan kadar gula darah

Bagi yang mengalami diabetes, catatan penting yaitu harus memperhatikan level gula darah karena bisa sangat mengancam nyawa jika dibiarkan.

Level gula darah yang tinggi di dalam tubuh bisa sangat berbahaya bagi penderita diabetes karena termasuk keadaan darurat yang bisa mengancam nyawa.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved