Berita Otomotif Terkini

DKW Hummel 1961: Motor Klasik, Ikonik nan Unik Pabrikan Jerman

Kendati sudah berusia lebih dari 60 tahun, motor ini masih bisa dikendarai dengan mesin yang masih hidup

TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
DKW Hummel 1961 

TRIBUNJOGJA.COM- Desain motor bebek (moped) DKW Hummel yang tak lazim seperti motor kebanyakan saat ini, menjadi satu di antara faktor utama pehobi motor tua asal Yogyakarta, Gilar Alam Ardiansyah Putra (23), meminang motor besutan pabrik Dampf Kraft Wagen Jerman ini sebagai klangenannya.

Pemuda yang menekuni profesi sebagai penjual barang pusaka seperti keris dan pusaka antik ini mengaku langsung kepincut kala melihat DKW Hummel berkelir merah bata ini terpampang di sebuah marketplace, sekira 2019 silam.

Bagi Gilar yang menggemari barang-barang antik, DKW Hummel dengan kondisi yang hampir 90 persen orisinil ini, bak menjadi motor impian yang sayang apabila dilewatkan.

Tanpa pikir panjang, Gilar langsung memutuskan menjual motor barunya yang belum genap sebulan ia beli.

Baca juga: Indonesian Custom Show 2022 Pamerkan Motor Sarat Sejarah Mbah Brantas

Uang hasil penjualan motor baru tersebut langsung dialokasikan untuk membeli DKW Hummel tahun 1961, yang didapatnya dari daerah Solo, Jawa Tengah.

"Motor ini saya dapatkan sekitar tahun 2019, bertepatan bulan Ramadan. Setelah melihat motor DKW Hummel ini dijual melalui sebuah marketplace, saya putuskan untuk langsung menjual Yamaha Mio yang belum genap dua minggu saya beli, agar uangnya dapat digunakan untuk membeli DKW Hummel ini," terang Gilar juga merupakan anggota Motor Antik Club (MAC) Yogyakarta .

Dari modal menjual motor itu, ditambah sedikit tabungannya Gilar akhirnya bisa mendapatkan motor lansiran pabrikan Jerman itu seharga Rp 15 juta.

"Waktu beli itu, subuh-subuh motor diantar langsung pemiliknya dari Solo ke rumah saya. Kondisinya masih bagus, bisa jalan, panel panel sebagian besar juga berfungsi," terang Gilar.

Gilar bersyukur DKW Hummel yang dikirim sesuai ekspektasinya, terlebih ia hanya 'memantau' motor incarannya dari foto-foto yang diposting melalui marketplace.

Sehingga, DKW Hummel berkelir merah bata ini tak membutuhkan banyak perbaikan termasuk untuk restorasi, termasuk untuk karburator, busi, lampu depan, juga kampas-kampas rem yang dalam kondisi baik.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved