Tips Kesehatan

Tips Sehat Pengobatan Diabetes, Jantung, Stroke: Dedaunan Ini Mampu Turunkan Gula Darah & Kolesterol

Berikut hasil sejumlah penelitian soal khasiat daun kelor, salam dan kari dalam membantu pengobatan dan menurunkan gula darah serta kolesterol

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
IST
Daun Salam - Daun salam termasuk bahan alami yang bermanfaat dalam pengobatan serta menurunkan gula darah dan kolesterol 

TRIBUNJOGJA.COM - Pengobatan Diabetes Mellitus (DM) dan penyakit jantung serta stroke menggunakan bahan alami tentu sangat dinantikan.

Kabar baiknya, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa gula darah tinggi yang memicu diabetes, serta kolesterol sebagai penyebab penyakit jantung dan stroke, bisa diatasi dengan mengonsumsi dedaunan, antara lain daun Kari, daun kelor, dan daun salam.

Apa manfaat daun kelor, salam dan kari dalam pengobatan? Berikut hasil sejumlah penelitian soal khasiat daun kelor, salam dan kari dalam membantu menurunkan kadar gula darah tinggi dan kolesterol.

1. Daun salam

Daun salam biasa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Faktanya, daun ini memiliki khasiat menurunkan kolesterol dan gula darah.

Mengutip dari NDTV, daun salam mengandung vitamim A, C, asam folat, flavonid yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Sebuah penelitian tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal Clinical Biochemistry and Nutrition menyimpulkan mengonsumsi sekitar 1 gram sampai 3 gram daun salam selama 30 hari, efektif meningkatkan fungsi insulin untuk penderita diabetes tipe II.

2. Daun kelor

Daun kelor mengandung klorogenat antioksidan yang berperan untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Tidak hanya itu, vitamin C dalam daun kelor telah terbukti mampu mengurangi kadar gula darah dan tekanan darah pada penderita diabetes tipe 2.

Halaman
123
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved