HUT Kemerdekaan RI

Agenda HUT Kemerdekaan RI di Kaliurang: Akan Ada Upacara Berbusana Daerah Hingga Flashmob

Sejumlah kegiatan dipastikan bakal digelar di Kawasan destinasi wisata Kaliurang, Kabupaten Sleman dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT)

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Ahmad Syarifudin
Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekraf, Dinas Pariwisata Sleman, Aris Herbandang saat memberikan keterangan mengenai gelar budaya di Kaliurang yang digelar 17 Agustus untuk memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sejumlah kegiatan dipastikan bakal digelar di Kawasan destinasi wisata Kaliurang, Kabupaten Sleman dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di tanggal 17 Agustus.

Dinas Pariwisata Sleman bersama 23 komunitas pelaku wisata dan masyarakat di Kaliurang akan menyelenggarakan gelar budaya.

Rangkaian kegiatan diawali upacara bendera. Menariknya, peserta upacara nanti mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah.

Baca juga: Ironi Pak Bupati, Bisa Ingatkan PNS Tidak Korupsi Tapi Esoknya Kena OTT KPK

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekraf, Dinas Pariwisata Sleman, Aris Herbandang  menyampaikan, upacara bendera rencananya akan diikuti oleh 130 lebih perwakilan pelaku pariwisata di Kaliurang, dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah.

Yang bertindak sebagai inspektur upacara adalah Plt Kepala Dinas Pariwisata Sleman Ir. Suparmono dengan mengenakan pakaian daerah Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Tempat upacara dipilih di Nawang Jagad, yang ada di daerah Kaliurang Barat. Destinasi ini relatif baru. Kami ingin mengenalkan sekaligus meramaikannya," kata Bandang, Jumat (12/8/2022). 

Bagi peserta upacara yang mengenakan busana daerah dan berpenampilan paling meriah akan mendapat hadiah. Uang hadiah tersebut dari hasil iuran bersama, antara Dinas Pariwisata dan pelaku wisata.

Terkumpul total Rp 4,6 juta rupiah. Setelah upacara bendera, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan flashmob Tari Badui. 

Tari Badui ini sengaja dipilih karena tarian rakyat ini merupakan salah satu kesenian asli dari Kabupaten Sleman.

Nantinya, tarian ini ditampilkan dalam bentuk seni pertujukan yang dapat diikuti oleh semua peserta upacara maupun pengunjung yang datang.

flashmob tari Badui rencananya digelar dua kali. Setelah upacara bendera dan dilanjut di Kawasan Tlogo Putri, Kaliurang bersama dengan pentas musik. 

Baca juga: Warga Sadeng Gunungkidul Gelar Tradisi Larung Sesaji sebagai Wujud Simbol Syukur

Pejabat Fungsional Adhyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Sleman, Rini Wahyu Hestari berujar, penampilan tari Badui bakal dipentaskan kolaborasi antara sanggar Tari Kerincing Manis dari Tridadi dan sanggar Karangpakis Wukirsari.

Ia berharap, para pengunjung yang datang di Kaliurang akan tertarik dan ikutan menari bersama. 

"Mudah-mudahan wisatawan yang datang bisa tertarik. Karena irama musik badui ini, sangat atraktif sekali," kata Rini.

Agenda upacara bendera di Nawang Jagad dimulai pukul 09.00 - 10.30 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan flashmob Tari Badui kedua di Kawasan Tlogo PutrI Kaliurang pada pukul 11.30 hingga 13.30 WIB.

Rangkaian kegiatan ini sengaja digelar untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kaliurang.

Sebab, penyelenggaraan even dinilai menjadi salah satu daya tarik Sleman untuk dikunjungi wisatawan. (rif)

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved