Penyakit Diabetes

Tips Sehat Diabetes: Lakukan 3 Hal Ini untuk Mencegah Lonjakan Gula Darah

Jika ingin mengurangi lonjakan gula darah, penderita diabetes juga harus mempertimbangkan kebiasaan berikut yang bisa memengaruhi gula darah

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
stevepb via pixabay
Ilustrasi diabetes, pengukuran gula darah 

Tribunjogja.com - Gula darah tinggi atau hiperglikemia terjadi jika kandungan glukosa dalam darah terlalu banyak.

Kondisi gula darah tinggi harus diwaspadai tak hanya oleh penderita diabetes.

Melansir Cleveland Clinic, secara umum seseorang bisa dianggap memiliki kadar gula darah tinggi jika memiliki gula darah puasa (tidak makan setidaknya selama 8 jam) sebesar 125 mg/dL atau lebih tinggi, memiliki gula darah satu sampai dua jam setelah makan sebesar 180 mg/dL atau lebih tinggi dan emiliki Hemoglobin A1C (HbA1C) sebesar 6,5 atau lebih besar.

Ilustrasi : Gula Darah
Ilustrasi : Gula Darah (grid.id)

Gula darah tinggi bisa berakibat fatal. Nah, penderita diabetes cukup mengubah kebiasaan berikut ini untuk mencegah lonjakan gula darah tinggi. 

Seiring waktu berjalan, tubuh mungkin tidak bisa menurunkan gula darah secara efektif, yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Lonjakan gula darah tinggi juga dapat menyebabkan pembuluh darah mengeras dan menyempit, yang bisa jadi pemicu serangan jantung atau stroke.

Melansir Healthline, kalau benar-benar ingin mengurangi lonjakan gula darah, penderita diabetes juga harus mempertimbangkan kebiasaan berikut yang bisa memengaruhi gula darah tinggi:  

1. Stres

Stres dapat memengaruhi kesehatan secara negatif dalam beberapa cara, menyebabkan sakit kepala serta peningkatan tekanan darah dan kecemasan. Stres juga telah terbukti memengaruhi gula darah. Saat tingkat stres naik, tubuh melepaskan hormon tertentu. 

Efeknya adalah melepaskan energi yang tersimpan dalam bentuk gula ke dalam aliran darah untuk respons fight-or-flight. Satu studi terhadap 241 pekerja Italia menemukan peningkatan stres terkait pekerjaan secara langsung terkait dengan peningkatan kadar gula darah. Mengatasi stres secara aktif juga terbukti bermanfaat bagi gula darah Anda. Dalam sebuah penelitian terhadap mahasiswa keperawatan, latihan yoga ditemukan dapat mengurangi stres dan lonjakan gula darah setelah makan.

Baca juga: Tanda-tanda dan Gejala Awal yang Muncul Jika Seseorang Kena Diabetes Tipe 2, Waspadalah

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved