Berita Bantul Hari Ini

UMKM Ganing Dapat Bantuan Mesin Penyuir Ayam Karya Mahasiswa ITNY

Tim dari ITNY ini menurut Shodiq berusaha untuk mencarikan solusi bagi UMKM Ganing yang selama ini masih melakukan pekerjaanya secara manual.

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
Mahasiswa ITNY menyerahkan alat penyuir daging ayam kepada UMKM Ganing di Dusun Kranggan Desa Murtigading Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul, Minggu (7/8/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyerahkan mesin penyuir daging kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Ganing di Dusun Kranggan Desa Murtigading Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul.

Penyerahan bantuan alas penyuir daging ini dilaksakan pada Minggu (7/8/2022) lalu.

Tim PKM ITNY yang beranggotakan mahasiswa Prodi Teknik Mesin angkatan 2019 dan 2020 menciptakan alat penyuir daging untuk membantu UMKM Ganing akan lebih produktif dalam memproduksi abon ayam dan kacang telor.

Tim yang terdiri dari Shodiq Ansori selaku Ketua Tim, dan Fatur Rizki Anggun Juniar, Dominggus Daniel Lefmanut, Ain Khoeruzaman, Muksim dengan dosen pembimbing Rivan Muhfidin, S.T., M.Sc ini sebelumnya berhasil meraih pendanaaan DIKTI pada PKM-Penerapan IPTEK (PKM-PI).   

“Kami mengambil judul implementasi mesin penyuir daging untuk bahan baku abon guna meningkatkan efisiensi kerja UMKM Ganing”, jelas Shodiq.

Tim dari ITNY ini menurut Shodiq berusaha untuk mencarikan solusi bagi UMKM Ganing yang selama ini masih melakukan pekerjaanya secara manual.

Untuk mempermudah dalam mengolah daging ayam, terutama dalam proses penyuiran, tim akhirnya terbersit ide untuk membuat peralatan dengan memanfaatkan ilmu yang diperoleh di kampus.

Baca juga: Perkuat Kemitraan, ITNY Jalin Kerja Sama dengan UNWIKU Purwokerto

Setelah melalui serangkaian persiapan dan dibimbing langsung oleh dosen pembimbing Rivan Muhfidin, S.T., M.Sc, akhirnya tim berhasil menciptakan alat penyuir daging.

Dengan peralatan penyuir daging yang diciptakan ini, tim PKM ITNY berharap bisa memberikan solusi bagi UMKM Ganing untuk meningkatkan produksinya.

Jika selama ini proses penyuiran masih dilakukan secara manual, dengan bantuan alat ini nantinya bisa dilakukan dengan menggunakan mesin sehingga produksinya bisa meningkat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved