Berita Pendidikan

Perkuat Kemitraan, ITNY Jalin Kerja Sama dengan UNWIKU Purwokerto

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyepakati kerja sama kemitraan dengan Fakultas Teknik Universitas Wijaya Kusuma (UNWIKU) Purwokerto

Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
Perwakilan dari ITNY dan Unwiku Purwokerto berfoto bersama seusai melakukan penandatanganan kerja sama penguatan kapasitas SDM 

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOKERTO - Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyepakati kerja sama kemitraan dengan Fakultas Teknik Universitas Wijaya Kusuma (UNWIKU) Purwokerto.

Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya pengembangan jejaring kemitraan untuk penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia, pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, serta implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Penandatanganan komitmen kerja sama antara ITNY dan UNWIKU dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan serta Dekan Fakultas Teknologi Industri ITNY dengan Dekan Fakultas Teknik UNWIKU pada hari Rabu (20/7/2022) di Gedung Fakultas Teknik UNWIKU, Kedungbanteng, Purwokerto.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik UNWIKU, Iwan Rustendi, S.T., M.T. menyambut baik inisiasi kerja sama yang telah dilakukan oleh ITNY.

Salah satu bentuk realisasi kemitraan antara ITNY dan UNWIKU dapat dilakukan melalui kerja sama pemanfaatan dan pengembangan laboratorium.

“UNWIKU juga terbuka untuk merealisasikan kerja sama yang telah disepakati melalui kegiatan-kegiatan dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Salah satunya adalah rencana pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat kolaborasi antara ITNY dan UNWIKU di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah” jelas Iwan.

Baca juga: Mahasiswa ITNY Deandra Marhaendra Raih Juara 2 Lomba Menulis Puisi Tingkat Nasional

Sementara delegasi ITNY yang dipimpin oleh Kepala Lembaga Pengembangan Kerja Sama (LPK) ITNY, Dr. Hita Pandita, S.T., M.T. menyampaikan bahwa saat ini kolaborasi antar perguruan tinggi swasta memiliki nilai yang sangat strategis.

Ia berharap bahwa melalui kolaborasi ini perguruan tinggi swasta dapat berkembang bersama dalam rangka menjalankan tugas sebagai penyelenggara pendidikan tinggi.

Hita menambahkan bahwa realisasi kerja sama antara ITNY dan UNWIKU secara strategis dapat diwujudkan melalui implementasi kegiatan MBKM, khususnya pertukaran mahasiswa, serta kolaborasi penyelenggaraan seminar nasional dan internasional.

“Dalam hal ini ITNY telah memiliki praktik baik, khususnya melalui pelaksanaan pertukaran pelajar dengan mitra perguruan tinggi yakni Institut Teknologi Padang (ITP) dan Universitas 17 Agustus (UNTAG) Surabaya, serta kolaborasi sebagai co-host dalam penyelenggaraan Seminar Nasional SINARINT 2022 yang diprakarsai oleh Institut Teknologi Padang”, jelas Hita.

Dalam penandatanganan perjanjian kerja sama ini, di samping melakukan ramah tamah, delegasi ITNY juga berkesempatan untuk melakukan kunjungan laboratorium pada tiga Program Studi yang ada di Fakultas Teknik UNWIKU, yakni laboratorium Teknik Elektro, laboratorium Teknik Sipil, dan Studio Arsitektur pada Program Studi Arsitektur. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved