Universitas di Jogja

4 Universitas di Jogja yang Punya Program Studi Teknik Kimia: UGM, UII UAD, UPN

Di Yogyakarta, ada beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN)  maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang punya Program Studi Teknik Kimia.

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Joko Widiyarso
ist
Ilustrasi: 4 Universitas di Jogja yang Punya Program Studi Teknik Kimia: UGM, UII UAD, UPN 

Tribunjogja.com -  Ada beberapa universitas di Jogja yang punya Program Studi Teknik Kimia.

Teknik Kimia saat ini masih menjadi salah satu program studi dan fakultas favorit untuk kuliah universitas di Jogja. 

Tribun Jogja merangkum ada empat Universitas di Jogja yang punya Program Studi Teknik Kimia:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Ilustrasi gedung UGM
Ilustrasi gedung UGM (istimewa)

Program Studi Teknik Kimia UGM menjadi satu-satunya prodi di Indonesia yang terakreditasi internasional oleh IChemE (The Institution of Chemical Engineers).

Prospek Karir

Karir lulusan teknik kimia meliputi industri-industri industri minyak dan gas, industri petrokimia, pabrik semen, pabrik gula, industri berbasis minyak sawit dsb.

Lulusan Teknik Kimia dalam industri-industri tersebut sebagai process engineer, field engineer, ataupun research and development engineer.

Lulusan Teknik Kimia juga bisa bekerja di industri jasa terkait dengan pengolahan air (air limbah maupun air idnustri), Perusahaan Engineering, Procurement and Construction (EPC), dan industri konsultan yang menyelesaikan berbagai masalah indsutri.

Sebagian lulusan Teknik Kimia juga berkarier sebagai wirausaha, tenaga ahli di industri perbankan, tenaga ahli lembaga pemerintahan seperti LIPI, BPPT, berbagai kementerian, dan juga berkarier sebagai dosen Perguruan Tinggi.

Baca juga: 5 Universitas di Jogja yang Punya Program Studi Ilmu Komunikasi

2. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia (UII)
Universitas Islam Indonesia (UII) (Google Street View)

Program Studi Teknik Kimia UII berdiri pada tahun 1995 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 433/DIKTI/Kep/1995. 

Saat ini Pendidikan pada Program Studi Teknik Kimia diarahkan menuju keunggulan kompetitif untuk menghasilkan process engineers yang mempunyai kemampuan untuk merancang, membangun, mengoperasikan, dan memelihara serta melakukan optimasi proses dalam berbagai macam industri.

Tujuan Program Studi Teknik Kimia adalah membentuk lulusan yang berkarakter Islami, kompeten, dan mampu menerapkan ilmunya di masyarakat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved