Berita Kota Yogya Hari Ini

Resmi Dilantik, HPN Kota Yogyakarta Usung Misi UMKM Naik Kelas

Jajaran pengurus Himpunan Pengusaha Nahdliyyin (HPN) Kota Yogyakarta secara resmi dilantik pada Jumat (5/8/2022). Meningkatkan level usaha mikro kecil

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Jajaran pengurus HPN dan perwakilan PC Nahdlatul Ulama Kota Yogyakarta, memberikan keterangan pers selepas prosesi pelantikan, Jumat (5/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Jajaran pengurus Himpunan Pengusaha Nahdliyyin (HPN) Kota Yogyakarta secara resmi dilantik pada Jumat (5/8/2022).

Meningkatkan level usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pun jadi misi utama yang diusung.

Ketua HPN Kota Yogyakarta, Yana Karyana, menyampaikan, bahwa UMKM memiliki peran strategis dalam menciptakan ketahanan ekonomi nasional.

Baca juga: Seorang Pria Paruh Baya di Galur Kulon Progo Meninggal secara Mendadak di Rumah, Diduga karena Sakit

Karenanya, menjadi sangat penting untuk meningkatkan kapasitas, dan daya saing pelaku UMKM yang ada di wilayah di Kota Yogyakarta.

Ia pun memaparkan, di Kota Yogyakarta terdapat lebih kurang 66.575 UMKM. Namun, dari jumlah tersebut, hanya sebagian kecil saja yang memanfaatkan teknologi, baik itu dalam marketing, atau pemasaran, maupun produksi.

"Bagi HPN, hal ini menjadi salah satu pekerjaan rumah penting. HPN harus mampu mengantarkan para pengusaha mikro untuk naik kelas menjadi pengusaha menengah dan seterusnya," tandasnya, selepas prosesi pelantikan.

Terlebih, lanjut Yana, dalam proses pembentukannya, HPN mempunyai fungsi sebagai wadah berhimpun bagi setiap pengusaha mikro, kecil, menengah dan besar. Sekaligus, menjadi wahana meningkatkan kualitas dan kapasitas usaha, serta memperkokoh dan memperluas jaringan.

"Termasuk para pengusaha yang ada di kota Yogyakarta, di mana pertumbuhan industri kreatifnya semakin menunjukan perkembangan yang signifikan," cetusnya.

Lebih lanjut, ia berharap, kehadiran HPN Kota Yogyakarta dapat mewujudkan pengusaha Nahdliyyin yang berkarakter kuat, profesional, bermartabat, berdaya cipta, berdaya saing tinggi, serta konsisten mengusung etika bisnis Islami.

"HPN harus mampu mewujudkan kemakmuran yang berkeadilan bagi seluruh umat dan meningkatnya ketahanan nasional Indonesia, di tengah percaturan ekonomi regional
dan Internasional," ungkapnya.

Baca juga: Bupati Abdul Halim Pastikan Seluruh Warga Bantul Dapat Layanan Adminduk

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Yogyakarta, Kadri Renggono, yang hadir langsung dalam agenda tersebut, mengatakan, kedepannnya antara pemerintah daerah dan HPN bisa menjalin sinergi untuk mengusung misi meningkatkan kelas UMKM.

"Dengan mempertimbangkan kondisi aktual dan kebutuhan organisasi, para pengusaha Nahdliyyin yang tergabung di dalam HPN ini diharapkan bisa memenuhi ekspektasi, berkarya penuh semangat dan keikhlasan," katanya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved