HUT Kemerdekaan RI

Jelang HUT Kemerdekaan RI, Batik Motif Garuda dan Peta Indonesia Produksi Banyu Sabrang Laris Manis

Penjualan batik dengan motif bertemakan kemerdekaan laris manis diserbu pembeli menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik

TRIBUNJOGJA.COM/ Sri Cahyani Putri Purwaningsih
Pemilik Butik Banyu Sabrang, Hanang Mintarta menunjukkan baju batik hasil produksinya dengan motif Burung Garuda, Kamis (4/8/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Penjualan batik dengan motif bertemakan kemerdekaan laris manis diserbu pembeli menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Salah satunya dirasakan oleh Hanang Mintarta, Pemilik Banyu Sabrang

"Menyongsong HUT, banyak pemesanan batik terutama yang berwarna merah putih. Ditambah permintaan dikasih peta Indonesia dan Burung Garuda," katanya saat ditemui di Ngentakrejo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Kamis (4/8/2022). 

Baca juga: Mengulik Jargon Yogyakarta Berhati Nyaman, Kenyataan atau Romantisme Belaka?

Meski dilihat dari proses pembuatannya dibutuhkan ketelatenan, namun ia mengaku tidak ada kesulitan selama proses pembuatan. 

Adapun batik hasil produksi Banyu Sabrang dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Mulai Rp 100.000 per lembar untuk kain batik berukuran 2 meter × 1,15 meter. Bahkan harga Rp 750.000 untuk batik yang siap pakai. 

Terlebih produksi batiknya telah dipasarkan ke seluruh Indonesia hingga diekspor ke luar negeri seperti Malaysia, Australia hingga Dubai. 

Selain batik, Banyu Sabrang juga memproduksi bendera umbul-umbul berwarna merah putih yang dibuat dengan batik tulis sepanjang 8 meter × 1,15 meter. 

Melalui hasil produksinya tersebut, ia ingin membagikan harapannya kepada setiap kalangan khususnya anak muda untuk melestarikan warisan budaya yang dimiliki Indonesia yaitu batik


"Anak muda juga lebih mencintai batik. Karena membatik asyik tidak harus menggunakan canting melainkan bisa memakai kuas, sendok, garpu dan lainnya," ungkap Hanang. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved