Penyakit Diabetes

TIPS Diabetes, Berikut Jenis Jus yang Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah

Ada beberapa buah dan sayuran pahit yang bisa Anda jus, yang mungkin terbukti sangat bermanfaat dalam diet diabetes.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
worldtruth.tv
Jus Pare 

Tribunjogja.com - Penderita diabetes tak boleh sembarangan memilih asupan. Jika tidak hati-hati memilih makanan dan minuman bisa membahayakan kondisi tubuh yakni dengan naiknya kadar gula darah.

Sama halnya ketika mengonsumsi jus. Tak semua jus baik dikonsumsi penderita diabetes karena bisa menyebabkan gula darah tinggi.

Melansir diabetes.co.uk, kadar gula dalam jus buah dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang signifikan, meningkatkan risiko hiperglikemia (kadar gula darah terlalu tinggi).

Aneka jus buah segar untuk bantu meningkatkan daya tahan tubuh
Aneka jus buah segar untuk bantu meningkatkan daya tahan tubuh (DOK. Unsplash)

Indeks Glikemik, yang digunakan untuk mencerminkan dampak pada kadar gula darah makanan individu, menempatkan jus jeruk antara 66 dan 76 pada skala 100. Hal ini membuat jus buah minuman dengan indeks glikemik tinggi.

Makanan dan minuman GI tinggi sebaiknya dihindari oleh orang dengan diabetes dalam sebagian besar keadaan. Satu situasi di mana jus buah dapat bermanfaat adalah meningkatkan gula darah dengan cepat sebagai respons terhadap hipoglikemia (gula darah terlalu rendah).

Baca juga: Jika Muncul Lipatan Hitam di Leher dan Ketiak, Waspada Ini Bisa Jadi Tanda-tanda Diabetes

Apakah minum jus buah meningkatkan risiko diabetes?

Jus buah mengandung sejumlah besar gula yang bisa meningkatkan kadar gula darah dengan sangat cepat.

Oleh karena itu, penderita diabetes biasanya sebaiknya menghindari minum jus buah. Sebagai aturan umum, makan buah utuh lebih sehat daripada minum jus buah atau smoothie buah.

Diabetes.co.uk menuliskan, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 menunjukkan bahwa minum tiga porsi jus buah seminggu dikaitkan dengan 8 persen peningkatan risiko diabetes. Sebaliknya, makan blueberry, anggur, apel dan pir dikaitkan dengan penurunan risiko.

Para peneliti menemukan bahwa mengganti jus buah dengan tiga porsi buah utuh tertentu dalam seminggu akan menurunkan risiko hingga 7 % .

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved