Kisah Inspiratif

Kisah Setiawan Pelukis Karikatur 3D Costume di Malioboro, Dapat Pesanan Hingga Amerika

Seorang pelukis karikatur 3D costume bernama Setiawan (39), terlihat begitu fokus membuat sketsa wajah di tempat usahanya di Malioboro atau tepat

TRIBUNJOGJA.COM/ Neti Rukmana
Seorang pelukis karikatur 3D costume bernama Setiawan (39), sedang membuat sampel sketsa wajah di tempat usahanya di Malioboro atau tepat di depan Legian Garden, pada Minggu (31/7/2022) siang. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Seorang pelukis karikatur 3D costume bernama Setiawan (39), terlihat begitu fokus membuat sketsa wajah di tempat usahanya di Malioboro atau tepat di depan Legian Garden, pada Minggu (31/7/2022) siang.

Ternyata dia sedang sibuk membuat sampel karikatur pria menggunakan pensil dengan panjang sekitar 5 centimeter, lembar kertas A4, dengan alas papan ujian. 

Setiawan yang sedang mengenakan kaos berwarna coklat dan topi berwarna merah kala itu mengatakan, usaha tersebut telah ditekuninya sejak 2007.

Usaha itu pun merupakan bagian dari hobinya.

Baca juga: Pemkab Magelang Berkomitmen Penuhi Hak Anak Lewat Program PKK

"Ya, sudah menjadi hobi saya dan pengen dari hobi itu bisa menghasilkan uang," ucapnya, kepada Tribunjogja.com di lapak tersebut.

Ia turut menceritakan, sejak usia tujuh tahun telah memiliki hobi menggambar.

Gambar yang dibuatnya pun masih dalam bentuk kartun.

Untuk mengasah kemampuannya, dia harus belajar bersama teman-teman komunitasnya yang bernama Perupa Jalan Malioboro

Terang Setiawan, untuk menjalankan usaha tersebut sangatlah tidak mudah.

Setiap pukul 08.30 WIB ia berangkat dari kediamannya di Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan mengendarai sepeda merah miliknya.

Terkadang, ketika keberuntungan tidak berpihak kepadanya, rantai sepeda sering terlepas dari crank set sepeda yang digunakannya.

Bahkan ban sepeda pun sering bocor.

"Pernah juga, saya ditabrak waktu mau berangkat ke Malioboro," tuturnya.

Lanjutnya, walau kini Malioboro ramai dikunjungi oleh wisatawan, namun tidak setiap hari dia mendapat pesanan untuk membuat karikatur 3D costume dari wisatawan yang ada di Malioboro.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved