Berita Klaten Hari Ini

Makam Sunan Pandanaran Klaten Ramai Dikunjungi Peziarah, Tukang Ojek Pangkalan Panen Cuan

Meningkatnya jumlah kunjungan peziarah ke kompleks makam Sunan Pandanaran turut membantu pendapatan para tukang ojek pangkalan

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM/ ALMURFI SYOFYAN
Sejumlah peziarah saat menaiki ojek sebagai sarana transportasi menuju makam Sunan Pandanaran, di Paseban, Bayat, Klaten, Rabu (27/7/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Para Tukang Ojek pangkalan di kompleks makam Sunan Pandanaran yang berada di Desa Paseban, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah panen cuan.

Pasalnya, meningkatnya jumlah kunjungan peziarah ke makam ulama penyebar agama Islam di daerah Bayat itu turut membantu pendapatan para tukang ojek pangkalan di kawasan tersebut.

Sebagaimana diketahui, untuk menuju kompleks makam Sunan Pandanaran, bisa dilalui dengan dua jalan.

Pertama dengan jalan kaki menaiki ratusan anak tangga. Kedua dengan naik jasa ojek pangkalan yang dikenakan tarif Rp10 ribu per tarikan.

Koordinator bawah Paguyuban Ojek Pandanaran (POP), Yudi (45), mengatakan jumlah driver ojek di makam tersebut berjumlah sekitar 125 driver.

Namun saat ini yang aktif hanya 60 atau 70 driver.

"Ini driver-nya warga Paseban semua atau yang ber-KTP Paseban saja. Sebab untuk membantu ekonomi warga sini," katanya saat TribunJogja.com temui di kompleks makam itu, Rabu (27/7/2022).

Kata dia, Tukang Ojek di tempat ini dibagi ke dua pos yang pertama pos atas dan pos bawah.

Driver yang ada di pos bawah bertugas mengantarkan peziarah ke kompleks makam Sunan Pandanaran yang berada di atas bukit Jabalkat tersebut.

"Lalu kalau yang pos atas nanti bawa peziarah turun, jaraknya sekitar 300 meter. Ojek ini untuk memudahkan peziarah yang lansia dalam mobilitasnya," katanya.

Adapun tarif yang dipatok kepada penumpang, lanjut Yudi hanya Rp10 ribu.

"Kalau per hari driver bisa dapat 20 sampai 25 penumpang, apalagi saat jelang bulan Suro ini. Kalau hari-hari biasa dapat 10 penumpang sudah bersyukur," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved