Dua SMA Negeri di Yogyakarta Masuk 10 SMA Terbaik di Indonesia versi LTMPT, Ini Daftar Lengkapnya

SMAN 3 Yogyakarta dan SMAN 1 Yogyakarta memang menjadi sekolah favorit di wilayah Kota Pelajar, bahkan di level nasional.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
SMAN 3 Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Dua SMA Negeri di Yogyakarta masuk dalam daftar 10 SMA terbaik di Indonesia versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Kedua SMA Negeri di Yogyakarta yang masuk dalam daftar 10 SMA terbaik di Indonesia tersebut adalah SMAN 3 Yogyakarta dan SMAN 1 Yogyakarta.

SMAN 3 Yogyakarta dan SMAN 1 Yogyakarta memang menjadi sekolah favorit di wilayah Kota Pelajar, bahkan di level nasional.

Hal itu tak lepas dari sejumlah torehan prestasi yang kerap dicatatkan oleh SMAN 3 Yogyakarta maupun SMAN 1 Yogyakarta dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini juga mengacu pada data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang merilis daftar 1.000 SMA Terbaik di Indonesia 2021.

Daftar SMA terbaik di Indonesia versi LTMPT ini diharapkan bisa menjadi rujukan bagi calon peserta didik yang akan melanjutkan jenjang sekolah menengah atas tahun ini.

Daftar SMA terbaik di Indonesia itu disusun berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Dalam daftar tersebut, dua SMA dari Provinsi DKI Jakarta masuk dalam peringkat 5 besar, sedangkan tiga urutan lainnya ditempati oleh SMA di Banten, Jawa Barat, dan Sumatra Utara.

Adapun SMA di Jawa Barat yang berhasil menduduki peringkat lima besar adalah SMAS BPK 1 Penabur Bandung, dengan total nilai sebesar 618.415, terpaut sekira 19.000 poin dari peringkat satu asal Provinsi Banten, yakni MAN Insan Cendekia Serpong.

Berikut Daftar 10 SMA terbaik di Indonesia versi LTMPT selengkapnya, seperti dilansir dari laman resmi LTMPT :

1. MAN Insan Cendekia Serpong (637.807 poin)

2. SMAN Unggulan M.H. Thamrin DKI Jakarta (635.675)

3. SMAN 8 Jakarta (630.860)

4. SMAS Unggul Del, Sumatra Utara (630.177)

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved