Dieng Membeku, Suhu Capai Minus 1 Derajat Celcius, Ganjar: Berani ke Sini?

Dataran tinggi Dieng mulai membeku. Tercatat, suhu di Dieng sampai minus 1-2 derajat Celcius. Begini tanggapan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan BMKG

DOK. Instagram @wisatadieng_id
Dieng Membeku, Suhu Capai Minus 1 Derajat Celcius pada Kamis 30 Juni 2022 pagi 

TRIBUNJOGJA.COM - Pengelola wisata dataran tinggi Dieng melalui akun Instagram @wisatadieng_id melaporkan bahwa suhu di Dieng pada Kamis 30 Juni 2022 mencapai minus 1 derajat Celcius, bahkan sempat 2 derajat Celcius.

“Mulai Membeku. Dieng pagi ini, 30 juni 2022. Suhu -2 derajat Celcius,” demikian tulis pengelola wisata Dieng melalui unggahan Instagram @wisatadieng_id pada Kamis (30/6/2022).

Tak hanya itu, di hari sama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga mengunggah informasi suhu dingin Dieng melalui akun Instagram resminya @ganjar_pranowo. Ia bahkan menantang masyarakat untuk berwisata ke Dieng.

Baca juga: Pagi Tadi Suhu di Kawasan Dieng Minus 1,93 Derajat Celcius, Muncul Fenomena Bun Upas

Baca juga: Bupati Wonosobo Sebut Domba Wonosobo Bisa Jadi Magnet Ekonomi Baru

“Kamu dapet salam dari negeri di atas awan, Dieng. Berani ke sini?” demikian tulis Ganjar Pranowo dalam unggahannya.

Ganjar Pranowo mengunggah dua foto yang memperlihatkan rerumputan di Dieng. Terlihat rumput-rumput di Dieng diselimuti es.

Foto tersebut merupakan foto asli pemilik akun Instagram @ora_alone yang diunggah ulang atau di-repost oleh Ganjar Pranowo.

Sementara itu, akun Instagram pengelola wisata Dieng @wisatadieng_id pada Kamis (30/6/2022) juga membagikan foto dan video rerumputan di dataran tinggi Dieng yang diselimuti es.

Baca juga: Kapan Bisa Menyaksikan Fenomena Embun Upas di Dieng, Begini Penjelasan BMKG

Baca juga: BERITA BENCANA ALAM : Penjelasan BMKG soal Penyebab Banjir dan Longsor di Dataran Tinggi Dieng

Akun tersebut juga mengingatkan masyarakat yang hendak berwisata ke Dieng untuk memakai pakaian tebal agar tubuh tetap hangat.

“Pastikan jika kalian ke Dieng memakai pakaian yg hangat dan tebal, menggunakan sepatu, sarung tangan dan kupluk,” tulis pengelola wisata Dieng dalam deskripsi unggahan Instagram @wisatadieng_id.

Wisatawan di Dieng memakai pakaian tebal saat suhu sedang sangat dingin
Wisatawan di Dieng memakai pakaian tebal saat suhu sedang sangat dingin (DOK. Instagram @wisatadieng_id)

Sampai artikel ini ditulis, Tribunjogja.com belum berhasil menghubungi pengelola wisata Dieng untuk menanyakan apakah hari ini juga terjadi fenomena sama.

Namun, pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Jawa Tengah mengonfirmasi peristiwa suhu dingin tersebut.

“Iya (betul bahwa suhu di Dieng kemarin Kamis 30 Juni 2022 mencapai minus),” ujar pihak BMKG Jateng saat dihubungi Tribunjogja.com melalui WhatsApp, Jumat (1/7/2022).

Adapun dilansir dari publikasi resmi BMKG Jateng melalui Instagram @bmkgjateng pada Kamis (30/6/2022), perkiraan cuaca di Dieng hari ini, Jumat 1 Juli 2022 masih cenderung dingin, namun tidak ekstrem.

Menurut perkiraan cuaca BMKG Jateng, daerah Dieng di Wonosobo pada Jumat 1 Juli 2022 pukul 07.00 WIB sampai Sabtu, 2 Juli 2022 pukul 07.00 WIB cenderung berawan dan hujan dengan suhu 22-28 derajat Celcius. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved