Otomoti Gaspol 52

Honda PC 50, Motor Unik Berpedal yang Tampilannya Serupa Seri Super Cub

Fai menjelaskan, motor berwarna merah ini memang unik, bisa dimode layaknya sepeda kayuh atau di mode layaknya motor matic tanpa transmisi.

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Yoseph Hary W

TRIBUNJOGJA.COM - Pada awal 70-an, muncul motor berpedal atau biasa disebut moped. Satu di antara keluaran tahun ini adalah Honda PC 50 .

Hal tersebut tak lepas karena kebutuhan sarana moda transportasi manusia terus meningkat untuk mendukung mobilitas sehari hari.

Inovasi kendaraan roda dua pun terus terjadi seiring permintaan penyediaan kendaraan bermotor yang sederhana dan murah.

Salah satunya pabrikan yang merilis moped adalah Honda dengan seri PC 50 nya. Keberadaan motor ini pun menjadi buruan para kolektor motor antik.    

Pada Maret 2020 lalu, Tribun Jogja berkesempatan berbincang dengan Muhammad Agung Rifai Pangaribowo, salah satu yang memiliki motor ini.

Fai begitu ia akrab disapa memang sejak lama hobi mengoleksi motor motor lawas. Motor Honda PC 50 milik Fai ini buatan tahun 1976.

Ia mendapatkan motor ini dalam keadaan 75 persen orisinil. Beberapa part asli motor ini memang belum lengkap, seperti headlamp dan slebor depan dan belakang. Fai jatuh cinta pada motor ini karena penampilan motor ini unik.

Motor berpedal seperti Honda PC 50 memang bukan satu satunya, ada juga keluaran DKW. Bagi Fai, motor setiap motor lawas memiliki sejarah sehingga membuat motor tersebut saat ini memiliki harga tinggi.

Untuk motor dengan kondisi yang dimiliki Fai ini, pemuda yang hobi main band ini menyebut angka Rp 12 hingga 15 juta adalah harga yang cukup pantas.

"Paling bagus memang direstorasi tapi memang harus sabar mendapatkan part orisinil. Harganya juga relatif mahal kalau kondisi spare part nya masih bagus. Kudu rajin rajin hunting dan tanya informasi ke sesama pecinta motor klasik," kata Fai.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved