Dulu Namanya BI Checking, Begini Cara Cek Riwayat Kredit dengan SILK Secara Online

Untuk mendapatkan status riwayat kredit nasabah masyarakat bisa melakukan secara online dengan mudah. Cara mengecek SILK bisa lewat online

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
ist
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 

Tribunjogja.com - Masyarakat bisa mengakses pengecekan (checking) riwayat nasabah di bank atau lembaga keuangan lainnya.

Untuk mendapatkan status riwayat kredit nasabah masyarakat bisa melakukan secara online dengan mudah.

Nama layanan ini adalah Sistem Layanan Informasi Keuangan alias SLIK.  Sebelum SLIK OJK, layanan ini dikelola oleh Bank Indonesia (BI) dengan istilah BI checking.

Setelah adanya SLIK OJK, BI sudah tidak lagi melayani kegiatan operasional pengecekan data nasabah. Dari layanan SLIK ini, akan ditemukan riwayat kredit nasabah yang dimasukan dalam Sistem Informasi Debitur (SID).

Nah, bagi Anda yang belum tahu, pengecekan ini merupakan syarat bagi nasabah untuk mendapatkan fasilitas kredit pinjaman rumah (KPR), kredit tanpa agunan (KTA), maupun kartu kredit.

Melansir laman indonesia.go.id, tujuan dasar SLIK adalah untuk memperluas SID, jumlah data yang tercatat melalui SLIK juga lebih luas jangkauannya.

Jangkauan SLIK tidak sebatas antarbank saja, melainkan sampai dengan lembaga keuangan nonbank hingga pengadilan.

Layanan lewat SLIK juga lebih mudah karena dapat diakses secara online karena memiliki laman dan aplikasinya sendiri.

Bagi para pelaku UMKM, SLIK online membuka lebar kesempatan mengakses pinjaman dan lebih memudahkan dalam memperoleh pinjaman dari perbankan.

Cara mengakses SLIK

Halaman
1234
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved