Kesehatan

Daftar Penyakit Hasil Diagnosa Migrain yang Bisa Dialami Penderita Sakit Kepala Sebelah Level Parah

Diagnosa migrain ketika dalam kondisi sakit kompleks atau parah yang dilakukan dokter biasanya melalui pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging).

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
medicalnewstoday
ilustrasi migrain 

TRIBUNJOGJA.COM - Apakah migrain atau sakit kepala sebelah berkaitan dengan adanya penyakit kronis lainnya? 

Apabila migrain dianggap cukup kompleks atau parah, biasanya dokter melakukan tes lanjutan untuk mengetahui ada tidaknya penyebab lain dari rasa sakit migrain yang dialami pasien.

Diagnosa migrain ketika dalam kondisi sakit kompleks atau parah yang dilakukan dokter biasanya melalui pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging).

Hal ini untuk menghasilkan gambar rinci otak dan pembuluh darah.

Adapun pemeriksaan MRI dimaksudkan untuk membantu dokter mendiagnosis ada tidaknya kondisi lain di otak seperti tumor, stroke, perdarahan di otak, infeksi, dan kondisi otak dan sistem saraf (neurologis) lainnya, ulasan di laman emc.id dikutip Tribun Jogja hari ini.

Selain MRI, melalui CT scan maka akan diperoleh gambar penampang otak. Cara ini untuk membantu dokter mendiagnosis tumor, infeksi, kerusakan otak, pendarahan di otak.

CT Scan juga untuk menemukan masalah medis lainnya yang mungkin menyebabkan sakit kepala.

Baca juga: Sarwendah Migrain Sampai Harus Operasi, Apa Itu Migrain? Berikut Fakta Tentang Sakit Kepala Sebelah

Pengertian migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah adalah nyeri kepala berulang dengan serangan nyeri yang berlangsung 4 sampai 72 jam, dikutip Tribun Jogja dari laman p2ptm kemkes. 

Migrain biasanya menyerang pada satu sisi kepala (unilateral), dan sifatnya berdenyut dengan intensitas nyeri sedang sampai berat (diperberat dengan aktivitas).

Sakit kepala sebelah juga sering disertai mual, muntah, fotofobia (sensitif terhadap cahaya), fonofobia (sensitif terhadap suara).

Disebutkan sekitar 20 persen wanita mengalami migrain dalam kehidupannya. Prevalensi migran masing – masing negara antara 3 sampai 35 persen.

Jenis Migrain

Berikut ini jenis-jenis migrain dikutip Tribun Jogja dari sumber laman yang sama, disebutkan ada beberapa jenis migrain atau sakit kepala sebelah

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved