TMMD: Kolaborasi Pemerintah untuk Tanggulangi Kemiskinan

Untuk mencapai visi tersebut tentu saja Pemkab Sleman harus bekerja sama dengan seluruh stakeholder yang ada

TMMD: Kolaborasi Pemerintah untuk Tanggulangi Kemiskinan
ist
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa

*Oleh: Danang Maharsa, Wakil Bupati Sleman

VISI Pemerintah Kabupaten Sleman Tahun 2021-2026 adalah Terwujudnya Sleman Sebagai Rumah Bersama Yang Cerdas, Sejahtera, Berdaya Saing, Menghargai Perbedaan dan Memiliki Jiwa Gotong Royong. Untuk mencapai visi tersebut tentu saja Pemkab Sleman harus bekerja sama dengan seluruh stakeholder yang ada, termasuk dengan dukungan penuh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Tujuan pembentukan Forkopimda berdasarkan PP 12 Tahun 2022 tentang Forkopimda, adalah untuk mendukung pelaksanaan kebijakan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik di daerah; peningkatan keselarasan langkah dan tindakan dalam pelaksanaan penyelesaian  permasalahan di daerah; penyelesaian berbagai permasalaha; pemeliharaan  stabilitas sosial politik dan penyelenggaraan pemerintahan dalam negeri di  daerah. 

Seperti kita ketahui bersama bahwa selama masa pandemic Covid 19, perekonomian di Kabupaten Sleman juga ikut terpuruk. Akibatnya di tahun 2021 persentase angka kemiskinan Kabupaten Sleman meningkat 0,52 persen. Angka kemiskinan di tahun 2020 sebesar 8,12 persen meningkat menjadi 8,64 persen di tahun 2021. Untuk dapat memulihkan kondisi masyarakat dan menekan angka kemiskinan ini, maka Pemkab Sleman selalu berupaya dan bekerja keras untuk melakukan pembangunan daerah.

Pembangunan daerah untuk mengentaskan kemiskinan, menjadi tanggung jawab bersama semua stakeholder yang ada di daerah. Pemkab Sleman secara khusus juga bekerjasama dengan unsur teritori militer wilayah yaitu Komando Distrik Militer (KODIM) 072 Sleman.

Salah satunya melalui kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD). Kegiatan TMMD ini juga merupakan wujud aktualisasi nyata Dharma Bhakti TNI kepada rakyat. Selain sebagai wahana untuk memantapkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, TMMD merupakan bentuk kolaborasi nyata antara Pemkab Sleman dengan TNI, khususnya Kodim  0732 Sleman. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa pelaksanaan kegiatan TMMD Reguler yang telah berlangsung di Kabupaten Sleman selama ini telah mampu menggerakkan pembangunan infrastruktur di wilayah perdesaan. Pembangunan sarana prasarana perdesaan seperti poskamling, pasar, jalan dusun juga pemugaran rumah tidak layak huni, telah memberikan kontribusi positif dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat di Kabupaten Sleman. 

Bagi Pemkab Sleman, penyelenggaraan TMMD selama ini dinilai mampu memberdayakan masyarakat, yang pada akhirnya bertujuan agar masyarakat sasaran  mempunyai daya dan upaya untuk lepas dari masalah kemiskinan sekaligus memberdayakan diri untuk berdikari. Dengan dukungan TMMD dalam berbagai pembangunan kegiatan fisik dan non fisik disertai partisipasi masyarakat, akan membantu menggerakkan dan memulihkan perekonomian masyarakat.

TMMD di Kabupaten Sleman dilaksanakan secara berpindah-pindah wilayah. Hal tersebut diharpakan dapat meratakan proses pembangunan di daerah-daerah yang belum banyak tersentuh program pemerintah. Evaluasi-evaluasi kegiatan kolaborasi antar instansi seperti TMMD tetap harus dilakukan.

Hal ini diperlukan untuk dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas kegiatan. Termasuk penentuan sasaran, pembagian tugas, beban, maupun tanggung jawab masing-masing instansi. Dengan begitu diharapkan tujuan kegiatan dapat benar-benar dicapai.

Pemkab Sleman secara konsisten dan bertahap terus meningkatkan kolaborasi-kolaborasi dengan pihak-pihak yang mempunyai tujuan yang sama untuk membangun Sleman menjadi lebih baik. Dengan semakin mantapnya koordinasi dan kolaborasi seluruh stakeholder di Sleman, terutama dalam pembangunan diharapkan dapat bermuara pada peningkatan kesejaheraan masyarakat Sleman. Untuk itu saya mengajak, mari Sesarangen Mbangun Sleman. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved