Mudik Lebaran 2022

Jembatan Kretek 2 Dibuka untuk Sementara, JJLS Bisa Dilewati Pemudik

Jembatan Kretek II yang menghubungkan JJLS di Kapanewon Kretek telah difungsikan sementara sejak Jumat (29/4/2022) kemarin.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM - Masyarakat kini bisa memanfaatkan Jalur Jalan Lintas Selatan ( JJLS ) untuk mudik.

Pasalnya Jembatan Kretek II yang menghubungkan JJLS di Kapanewon Kretek telah difungsikan sementara sejak Jumat (29/4/2022) kemarin.

Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto mengatakan, selain dapat digunakan wisatawan, jalur ini merupakan jalur alternatif sehingga pemudik tidak perlu melintas di dalam kota.

"Ini merupakan jalur alternatif tidak perlu masuk ke kota, orang dari Pacitan ke arah barat, bisa melewati jembatan kretek 2," ujarnya mencontohkan.

Baca juga: Hindari Lubang di JJLS Kulon Progo, Rombongan Pemudik dari Kebumen-Bantul Kecelakaan

Wakapolda DIY, Brigjen Pol, Slamet Santoso menambahkan pengendara yang akan mudik dari Bantul ke arah Kulon Progo maupun sebaliknya dapat melewati JJLS yang tak jauh dari lokasi wisata pantai ini.

"Jembatan ini untuk sementara dibuka di jam tertentu, yakni dari pukul 07.00 sampai pukul 17.00," ujarnya.  

Ia berharap pemudik dapat memanfaatkan alih arus ini. Pihaknya pun telah memasang rambu-rambu penunjuk arah untuk memudahkan pemudik saat melintas.

"JJLS ini sampai barat, sampai Pantai Samas, pantai baru ke barat sampai Temon, yang bisa dimanfaatkan pemudik," terangnya.

Selain untuk pemudik, jalur ini juga dapat digunakan untuk rekayasa lalu lintas, mengurai kepadatan saat wisatawan mengunjungi Pantai Parangtritis.

Ketika terjadi kepadatan di pintu masuk TPR Parangtritis, maka pihaknya akan menerapkan rekayasa lalu lintas dengan mengarahkan kendaraan melewati JJLS ketika pulangnya.

Sepulangnya dari Parangtritis, wisatawan dapat melintas JJLS, menyeberang jembatan Kretek 2, kemudian ke arah pantai Samas dan ke utara ke luar lewat jalan Bantul.

Lebih lanjut, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul Singgih Riyadi menyatakan jembatan Kretek 2 dibuka mulai 29 april sampai 6 Mei nanti.  

Jembatan Kretek 2 bisa menjadi jalur alternatif pemudik dari arah barat yang akan menuju wilayah Gunungkidul hingga Wonogiri Jawa Tengah atau sebaliknya.

Baca juga: Perbaikan JJLS Kulon Progo Terus Dikebut, Ditargetkan H-10 Lebaran Rampung

Sejumlah petunjuk arah juga sudah disiapkan mulai dari Srandakan dan Jalan Jogja-Wates maupun di Jalan Parangtritis.

"Dengan demikian bisa mengurangi kepadatan di Jalan Jogja-Wonosari dan Jalan Parangtritis," ujarnya.

Untuk memperlancar arus lalu lintas di Jembatan Kretek 2, pihaknya telah menempatkan personel di sana untuk menghalau pengendara yang berhenti di tengah jembatan.

Mengingat Jembatan Kretek 2 memiliki daya tarik pemandangan yang bagus dan berpotensi menjadi lokasi swafoto para wisatawan hingga pemudik yang melintas.

"Kami tempatkan personel karena di sana view-nya di sana kan bagus sehingga kita harus antisipasi jangan ada pemudik dan wisatawan berhenti untuk foto-foto di situ (Jembatan Kretek II)," ucapnya.( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved