Gula Darah

Hati-hati Jika Kerap Pusing Kepala Saat Puasa, Bisa Jadi Gula Darah Rendah Ini Tanda-tandanya

Gula darah rendah disebabkan oleh banyak faktor. Gejala gula darah rendah mulai dari pusing sampai keringat dingin.  

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana

Tribunjogja.com - Sering pusing saat puasa? Bisa jadi kadar gula darah Anda rendah. Kondisi gula darah terlalu rendah bisa membahayakan tubuh.

Untuk itu kenali lebih lanjut gejala-gejala kadar gula darah Anda ketika sedang dalam kondisi rendah.

Kadar gula darah memang sebaiknya dijaga dalam kondisi normal. Sama halnya jika gula darah Anda terlalu rendah juga tidak baik.

Ilustrasi: 5 ARTI MIMPI Sakit Kepala atau Pusing, Benarkah Pertanda Punya Penyakit?
Ilustrasi: 5 ARTI MIMPI Sakit Kepala atau Pusing, Benarkah Pertanda Punya Penyakit? (pixabay)

Gula darah rendah disebabkan oleh banyak faktor. Gejala gula darah rendah mulai dari pusing sampai keringat dingin.  

Gula darah rendah atau disebut juga dengan hipoglikemi. Ini merupakan kondisi dimana kandungan gula dalam darah Anda terlalu rendah. 

Gula darah rendah bisa menjadi bahaya jika tidak ditangani dengan baik. Tapi perawatannya sangat mudah untuk dilakukan sendiri.  Menurut Centers of Disesase Control and Prevention (25/2/2021), kadar gula darah rendah biasanya menunjukkan angka di bawah 90 mg/dL.  Jika gula darah lebih rendah dari 54 mg/dL, maka ini adalah gula darah rendah yang parah.

Baca juga: 6 Cara Jitu Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal Tanpa Minum Obat Kimia

Pada nilai gula darah ini, biasanya pasien akan pingsan.  Dilansir dari National Health Service United Kingdom (24/9/2020), terdapat beberapa gejala yang menunjukkan gula darah rendah. 

Gejala yang muncul pada setiap orang mungkin berbeda-beda, namun berikut gejala yang umunya terjadi.   Gejala awal Pada tahap awal gula darah rendah, Anda mungkin merasakan keringat dingin, lelah, pusing, kulit pucat, dan lapar. 

Selain itu, Anda juga mungkin merasa kesemutan pada bibir Anda, gemetaran, berdebar-debar, dan mudah marah tau cemas. Jika gejala awal diabaikan, maka gejala akan berlanjut lebih parah lagi.  Segera hubungi dokter jika gejala awal ini rutin terjadi setidaknya seminggu sekali. 

Gejala lanjut

Anda mungkin akan mengalami gejala berikut jika gula darah Anda sudah terlalu rendah, diantaranya lemah, pandangan buram, bingung dan sulit berkonsentrasi, berbicara melantur, mengantuk, kejang, pingsan, hingga koma. 

Gula darah rendah juga bisa terjadi bahkan ketika Anda sedang tidur. Gejalanya adalah Anda terbangun di malam hari karena sakit kepala, kelelahan, dan keringat dingin.  Jika yang dialami adalah gejala berat atau gejala lanjut, maka segera telepon ambulans atau bawa pasien ke unit gawat darurat. 

Jika sampai mengalami pingsan, maka diperlukan injeksi glukagon. Glukagon adalah obat yang bisa menaikkan gula darah.  Jangan mencoba menyuapi minuman atau makanan pada orang hipoglikemi yang pingsan. Ini berbahaya karena ada resiko tersedak. 

Baca juga: Awas Diabetes! Catat Segini Ukuran Gula Darah Normal Orang Sehat

Perawatan gula darah rendah

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved