Pilihan Jenis-jenis Karbohidrat Tepat untuk Sahur dan Buka Puasa

Saat sahur, jenis karbohidrat kompleks lebih baik, karena bisa membuat kenyang lebih lama. Sementara saat buka puasa, pilihlah karbohidrat sederhana. 

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
DragonImages via kompas.com
Ilustrasi 

Tribunjogja.com - Karbohidrat merupakan zat yang diperlukan tubuh. Apalagi saat Anda menjalankan ibadah puasa.

Makanan yang Anda konsumsi saat sahur memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap kelancaran ibadah puasa yang akan Anda jalani. 

Saat sahur, jenis karbohidrat kompleks lebih baik, karena bisa membuat kenyang lebih lama. Sementara saat buka puasa, pilihlah karbohidrat sederhana. 

Oleh karena itu, menu sahur Anda haruslah berupa makanan yang kaya serat. Jenis karbohidrat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur adalah karbohidrat kompleks. 

Beberapa menu yang tergolong karbohidrat kompleks yang bisa Anda pilih di antaranya adalah nasi hitam, nasi coklat, roti gandum, atau oatmeal.  

Untuk memenuhi asupan serat pada tubuh, Anda bisa mengonsumsi sayur dan buah. Kedua jenis makanan tersebut juga kaya vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. 

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa jenis karbohidrat terbaik untuk sahur dan buka puasa yang perlu Anda ketahui. 

Baca juga: Daftar Makanan dan Minuman Pengendali Gula Darah Penderita Diabetes

Jika saat sahur perlu karbohidrat kompleks, saat buka puasa, jenis karbohidrat sederhana adalah yang terbaik. Sebab, ini dapat memulihkan energi dengan cepat. 

Namun, bukan berarti Anda bisa kalap mengonsumsi karbohidrat sederhana saja. Penting juga untuk memastikan ada keseimbangan asupan nutrisi dari variasi makanan sehat lainnya.  Berikut ini beberapa pilihan makanan sehat untuk buka puasa: 

1. Kurma 

Buah ini adalah sumber gula alami yang bagus untuk mengisi kembali tingkat energi dan mengandung banyak mineral seperti potasium, mangan, dan tembaga.  

2. Daging 

Sebagai sumber protein dan mineral penting, daging juga merupakan makanan yang baik dikonsumsi.

Namun, bukan langsung saat berbuka puasa, ya.  Melainkan setelah makan buah, sayur, dan makanan yang lebih ringan. Meski baik dikonsumsi, hindari makan daging berlebihan, ya. 

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved