Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Wujudkan Bantul Smart City, Bupati Abdul Halim Luncurkan "Pelajar Sahabat Dukcapil"

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meluncurkan aplikasi "Pelajar Sahabat Dukcapil" sebagai langkah untuk mewujudkan Bantul Smart City.

Penulis: DNA | Editor: APS
Dok. Humas Pemkab Bantul
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyerahkan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) kepada para pelajar SMA dan SMK di komplek SMK Negeri 2 Sewon, Bantul, Selasa (5/4/2022). 

TRIBUNJOGJA.comBupati Bantul Abdul Halim Muslih meluncurkan aplikasi "Pelajar Sahabat Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil)" sebagai langkah untuk mewujudkan Bantul Smart City di komplek SMK Negeri 2 Sewon, Bantul, Selasa (5/4/2022).

Dalam peluncuran tersebut, orang nomor satu di Bantul itu menyerahkan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) kepada para pelajar sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Lewat Pelajar Sahabat Dukcapil, Bupati Abdul Halim berharap, para siswa dapat menjadi penyambung informasi layanan digital Dinas Dukcapil (Disdukcapil) kepada masyarakat di wilayahnya.

Apalagi, kata dia, para pelajar saat ini pasti sudah beradaptasi dengan teknologi.

Baca juga: Bukber bersama Anak Yatim di Bantul, Bupati Abdul Halim Sampaikan Hal Ini

“Dengan teknologi informasi, pelayanan kepada masyarakat akan berjalan lebih efektif dan efisien. Hal ini nantinya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang administrasi kependudukan menuju masyarakat yang tertib,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Tribunjogja.com, Rabu (6/4/2022).

Seperti diketahui, pemberian KTP-el merupakan kewajiban pemerintah dan menjadi hak konstitusional setiap warga negara yang sudah berusia 17 tahun.

Dengan kepemilikan KTP-el, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul berharap masyarakat dapat mengurus dokumen-dokumen kependudukan yang lain.

Selain dokumen, masyarakat juga bisa mendapatkan hak-hak yang lebih besar serta dapat berpartisipasi aktif sebagai warga negara Indonesia (WNI). 

Baca juga: Kunjungi Pasar Bantul Jelang Ramadhan, Bupati Abdul Halim Dengarkan Keluhan Para Pedagang

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Kabupaten Bantul Bambang Purwadi Nugroho mengatakan bahwa acara tersebut dilakukan dalam rangka memberikan identitas bagi seluruh WNI di wilayahnya, khususnya siswa SMK

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk updating data pemilihan umum (pemilu) agar hak konstitusi warga Bantul bisa terpenuhi pada pemilihan mendatang. Hingga saat ini, kami sudah berhasil merekam (KTP-el) sebanyak 792 siswa SMK,” jelasnya. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved