Berita Kota Yogya Hari Ini

Deretan Event Siap Semarakkan Ramadan di Teras Malioboro 

Berbagai event siap dilangsungkan di Teras Malioboro , Kota Yogyakarta sepanjang Ramadan mendatang. Diharapkan, berbagai kegiatan yang disiapkan ini

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Miftahul Huda
Para pedagang di Teras Malioboro sedang duduk menunggu pembeli, Kamis (17/2/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Berbagai event siap dilangsungkan di Teras Malioboro , Kota Yogyakarta sepanjang Ramadan mendatang.

Diharapkan, berbagai kegiatan yang disiapkan ini, mampu mendongkrak kunjungan wisatawan di bulan puasa. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY , Srie Nurkyatsiwi berujar , sejauh ini pihaknya masih berdiskusi dengan seluruh pelaku usaha di Teras Malioboro , untuk menentukan kegiatan apa yang dirasa tepat untuk digulirkan selama Ramadan . 

Baca juga: Sri Sultan HB X Persilakan Warganya Gelar Pasar Ramadan, 300 Pedagang Siap Ramaikan KRJ

Dijelaskannya, beberapa masukan dari pedagang pun sudah ditampung oleh jajarannya.

Antara lain, pertunjukan musik islami untuk ngabuburit, atau menanti waktu buka puasa , kemudian bazaar diskon menjelang Idulfitri. 

"Minggu depan kita rumuskan. Sejauh ini kita tampung itu, masukan dan usulan dari para pelaku usaha. Kita kan harus mendiskusikan dulu, ya," tandasnya, Rabu (30/3/2022). 

Selain itu, pihaknya juga masih menjalin koordinasi, dengan Satgas Covid-19 , mengingat keberadaan event di bulan suci umat Islam ini bisa berdampak pada lonjakan pengunjung.

Sehingga, skema antisipasinya pun harus disiapkan. 

"Terkait traffic, prokes, harus kita tata dulu, karena ini pasti beda dengan sebelum Covid-19 , jangan sampai itu, terlalu penuh dan pengunjungnya crowded. Sudah ada catatan-catatan ya, apa yang harus kita lakukan," cetus Siwi. 

Ia pun berharap, deretan agenda Ramadan yang disiapkan tersebut, mampu mendongkrak perekonomian para pelaku usaha di Teras Malioboro .

Pasalnya, seperti pengalaman terdahulu, banyak pedagang mengeluh sepi omzet. 

Baca juga: Terjatuh dari Tebing, Pencari Kelelawar Ditemukan Meninggal Dunia di Laut Selatan Gunungkidul

"Ini jadi komitmen kita bersama, bagaimana perekonomian bisa tetap bergeliat selama Ramadan , karena kan selama puasa pengunjung berkurang, pasti beda," urainya. 

Lebih lanjut, Siwi menuturkan, pihaknya menyambut baik wacana pemerintah pusat yang mengizinkan mudik lebaran tahun ini.

Dirinya meyakini, kebijakan tersebut berpotensi menggenjot tingkat kunjungan ke Teras Malioboro

"Setelah dua tahun mudik dilarang, ini pasti berpengaruh. Makanya, dari sisi sarana prasarana kita siapkan, terus SDM-nya juga, kita jalin komunikasi terkait etika bisnisnya, ya, selalu kita ingatkan masalah itu," tandasnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved