Omicron Semakin Brutal, Healing dengan Herbal

Omicron semakin brutal, maka kita perlu meningkatkan sistem imun tubuh kita agar virus omicron mental

telegraph
Ilustrasi: Varian Omicron 

 

*Oleh: apt Ari Susiana W., M.Sc, Dosen Prodi S1 Farmasi Universitas Alma Ata

SETELAH munculnya covid-19 varian delta, kali ini muncul varian baru yaitu varian omicron. Varian baru ini diketahui lebih cepat penyebarannya. Berdasarkan data dari dinas kesehatan DIY per tanggal 13 maret 2022 bahwa kasus covid-19 yang terkonfirmasi positif sebanyak 781 kasus.

Ditengah melonjaknya kasus omicron, diperlukan pengetahuan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita agar tetap kuat menghadapi pandemik ini. Omicron semakin brutal, maka kita perlu meningkatkan sistem imun tubuh kita agar virus omicron mental.

Covid-19 disebabkan oleh virus. Virus menyerang saluran nafas sehingga mengakibatkan penyakit infeksi saluran pernafasan. Gejala yang ditimbulkan baik yang ringan sampai berat, bahkan dibeberapa orang tidak menimbulkan gejala. Infeksi virus pada umumnya merupakan self-limiting desease yang bisa sembuh dengan sendiri dengan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Sistem imun di dalam tubuh kita bekerja seperti layaknya tentara, yang menjaga sistem pertahanan tubuh terhadap paparan substansi asing ke dalam tubuh kita. Sistem imun bekerja dengan cara mengenali dan membunuh substansi asing tersebut. 

Kekebalan tubuh dapat dijaga dan ditingkatkan dengan mengkonsumsi vitamin maupun herbal dari alam yang berkhasiat sebagai imunomodulator. Imunomodulator adalah suatu sunstansi yang dapat menstimulasi sistem imun sehingga meningkatkan aktivitas sistem imun dalam melawan infeksi atau penyakit.

Indonesia kaya akan tanaman herbal. Tanaman herbal telah terbukti secara turun temurun mampu bertindak sebagai imunomodulator, mencegah tindakan antagonis pada stres oksidatif, serta perannya dalam memerangi penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Berikut ini merupakan contoh tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai imunomodulator:

1. Alliun sativum (Bawang putih)

2. Aloe vera (Lidah buaya)

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved