CARA Mengganti Data dan Foto Serta E-KTP yang Rusak, Biaya Gratis

Cara mengubah data KTP Jika dokumen sesuai data yang ingin diubah sudah disiapkan, Anda bisa mengikuti cara berikut ini untuk mengubah data KTP

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
Kompas.com/Akbar Bhayu Tamtomo
e-KTP 

Tribunjogja.com - Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) berlaku seumur hidup.

Namun sering kali kita menghadapi kondisi E-KTP rusak atau bahkan ada kesalahan data.

Bagaimana cara mengganti E-KTP rusak atau mengganti data?

Simak penjelasan berikut.

VERIFIKASI E-KTP : Seorang petugas menunjukkan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang akan diverifikasi di kantor Kecamatan Jetis, Jalan Diponegoro, Yogyakarta, Senin (25/06/2012). Proses pendistribusian e-KTP di Kota Yogyakarta akan dilaksanakan seusai proses verifikasi. Sebanyak 2.250 e-KTP dari keseluruhan sekitar 17.500 di kecamatan tersebut telah dikirim dari pusat dan siap diverifikasi.
VERIFIKASI E-KTP : Seorang petugas menunjukkan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang akan diverifikasi di kantor Kecamatan Jetis, Jalan Diponegoro, Yogyakarta, Senin (25/06/2012). Proses pendistribusian e-KTP di Kota Yogyakarta akan dilaksanakan seusai proses verifikasi. Sebanyak 2.250 e-KTP dari keseluruhan sekitar 17.500 di kecamatan tersebut telah dikirim dari pusat dan siap diverifikasi. (TRIBUNJOGJA.COM | Bramasto Adhy)

Jika terdapat kesalahan atau status seperti perkawinan berubah, Anda bisa mengajukan permohonan untuk mengubah data di e-KTP

Selain data, Anda juga bisa mengubah foto KTP jika memang foto pada KTP Anda sudah mengelupas atau bagi perempuan dulu belum menggunakan jilbab namun sekarang mengenakan jilbab.

Bersumber dari Instagram @indonesiabaik.id, Data statis pada KTP adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK), tempat tanggal lahir, dan golongan darah. 

Sedangkan data dinamis seperti status perkawinan, domisili, dan pekerjaan bisa diubah sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. 

Dokumen persyaratan mengubah data KTP Saat akan mengubah data-data pada e-KTP yang salah atau berubah, Anda perlu membawa dokumen sesuai dengan data yang ingin diperbaiki. Dokumen yang wajib dibawa saat mengubah data KTP, diantaranya seperti:

1. Surat nikah/putusan pengadilan untuk mengganti status perkawinan

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved