Berita Pendidikan Hari Ini

ITNY Perkuat Kerja Sama dengan Danacita, Bantu Mahasiswa Tuntaskan Pendidikan di Masa Pandemi

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) bekerja sama dengan Danacita, perusahaan berbasis teknologi yang berkomitmen menyediakan solusi

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
ITNY perkuat kerja sama dengan Danacita untuk bantu mahasiswa tuntaskan pendidikan di masa pandemi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) bekerja sama dengan Danacita, perusahaan berbasis teknologi yang berkomitmen menyediakan solusi pembiayaan pendidikan.

Kedua belah pihak telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) sejak Desember 2021.

Rektor ITNY, Dr Ir H Ircham MT mengatakan, Danacita bisa menjadi solusi pembiayaan pendidikan terjangkau secara bulanan bagi mahasiswa ITNY.

Kerja sama ini, kata dia, merupakan langkah awal bagi ITNY dan Danacita untuk menyediakan kemudahan bagi mahasiswa dalam pembiayaan pendidikan mereka.

Baca juga: Sri Sultan HB X Minta Laboratorium Percepat Pemeriksaan Sample Pasien Terindikasi Omicron

Danacita bisa memberikan pilihan layanan pembayaran biaya kuliah secara bulanan.

“Saya senang dengan hadirnya Danacita. Semoga dapat menjadi solusi bagi mahasiswa yang membutuhkan bantuan dalam pembiayaan, apalagi sekarang di tengah pandemi banyak mahasiswa yang harus cuti padahal kuliahnya tinggal sedikit lagi.” ucap Ircham, Jumat (28/1/2022).

Sementara, Alfonsus Wibowo, Direktur Utama Danacita berharap, Danacita bisa menjadi kunci dalam menuntaskan permasalahan pembiayaan pendidikan yang timbul sebagai akibat dari pandemi Covi

“Kami yakin bahwa kerja sama ini dapat menjadi momentum untuk membuka kesempatan bagi lebih banyak pelajar di Indonesia, khususnya mereka yang menempuh pendidikan ITNY,” paparnya.

Dia mengatakan, kerja sama ini merupakan langkah pertama Danacita untuk bekerja sama dengan lebih banyak lagi lembaga pendidikan di Yogyakarta.

Lebih lanjut, Alfonsius menjelaskan, Danacita adalah salah satu anak perusahaan ErudiFi yang merupakan perusahaan berbasis teknologi.

Pihaknya menawarkan pilihan beragam kredit dengan tenor mulai dari 6 hingga 24 bulan. 

Hal ini, katanya, dapat meringankan biaya pendidikan menjadi lebih terjangkau bagi mahasiswa.

“Calon mahasiswa dapat melakukan pengajuan secara daring melalui situs kami,” ungkapnya.

Baca juga: Harga Minyak Goreng di Pasar Tradisional Klaten Masih di Kisaran Rp 19-20 Ribu

Pengajuan di Danacita tidak dibebankan uang muka dan jaminan apapun.

Danacita akan melakukan sistem asesmen risiko dengan melihat riwayat dan karakteristik mahasiswa tersebut, termasuk dengan melihat potensi mereka di masa depan.

Proses asesmen ini membutuhkan waktu maksimal 2 hari kerja terhitung dari kelengkapan persyaratan, dan bagi calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan, bisa mendapatkan tenor hingga 24 bulan.

Dikatakannya, Danacita resmi berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai salah satu Perusahaan Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dengan surat tanda berizin nomor KEP-68/D.05/2021 sejak tanggal 2 Agustus 2021 lalu.

Selain itu, Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. (ard)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved