Pelantikan Pengurus PERKEDWI Cabang DIY, Optimis Health Tourism Berkembang Baik di Yogyakarta

Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (Ketua Pusat PERKEDWI), dr Mukti E Rahadia MARD MPH melantik Pengurus

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Rangkaian acara pelantikan Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (PERKEDWI) Cabang DIY beberapa waktu lalu 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (Ketua Pusat PERKEDWI), dr Mukti E Rahadian MARD MPH melantik Pengurus PERKEDWI Cabang DIY, beberapa waktu yang lalu.

Dalam kesempatan tersebut dr Mukti menyampaikan Majelis Pengembangan Pelayanan Keprofesian (MPPK) IDI melakukan integrasi terkait dengan pengembangan Kedokteran Wisata atau health tourism di Indonesia.

"Kolaborasi dengan pemerintah daerah hingga pusat, serta media sebagai upaya melakukan branding dan menginformasikan kepada masyarakat luas. Hal ini merupakan strategi eksternal, yaitu mensinergikan lima elemen dalam PentaHelix yang terdiri dari pemerintah, universitas atau akademis, pihak swasta, dan media melalui publikasi yang tepat sasaran wisata kesehatan," ungkapnya melalui keterangan tertulis.

Baca juga: Pemilik Dollbodol di Bantul Kebanjiran Pesanan Reparasi dan Make up Boneka Arwah

Ia menambahkan bahwa pihaknya menaruh atensi terhadap data yang menunjukkan bahwa 100 Triliun devisa negara, dibelanjakan keluar negeri untuk health tourism.

"Indonesia sesungguhnya memiliki potensi dan mampu untuk bersaing, diversifikasi layanan kita lebih banyak dengan kompetensi professional medis, beragam budaya dan destinasi wisata,” bebernya.

Sedangkan Pengurus PERKEDWI Cabang DIY yakni Dr dr Sri Mulatsih MPH SpA(K) menegaskan bahwa kegiatan PERKEDWI di Yogyakarta akan mendukung program pusat, antara lain wisata medis, wisata kebugaran dan herbal, wisata ilmiah kesehatan dan wisata olahraga kesehatan.

"Yogyakarta memiliki kekhasan yaitu Kota Pendidikan sehingga sangat kuat mendukung wisata ilmiah kesehatan. Harapan ke depan layanan kesehatan dapat bergeser based form hospital to based from medical case, sehingga dapat memberikan pelayanan komprehensif dari pre-hospital sampai post-hospital,” harapnya.

Baca juga: UPNVY Gelar Wisuda Luring Terbatas untuk Pertama Kali, Luluskan 694 Wisudawan

Apresiasi disampaikan langsung oleh Ketua IDI DIY dr H Joko Murdiyanto SpAn MPH yang berbangga dengan dilantikya Pengurus PERKEDWI Cabang DIY.

“Saya optimis dengan perkembangan kesehatan wisata di Yogyakarta. Hal ini didukung dengan potensi yang kita miliki, yaitu SDM yang sangat kuat, potensi herbal yang dimiliki dan destinasi wisata yang luar biasa. Harapannya ke depan pemulihan ekonomi akan semakin cepat dan menarik," ucapnya.

Ia menambhakan, harapannya para pelancong, baik nasional maupun internasional yang datang ke DI Yogyakarta akan merasa puas menikmati layanan pariwisata dan kesehatan yang diselenggarakan dan dikembangkan oleh para dokter anggota PERKEDWI Cabang DIY, bekerjasama dengan berbagai pihak. (Rls) 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved